Informasi

9.125 Warga Asmat Terima Akte Kelahiran di HUT RI

9.125 Warga Asmat Terima Akte Kelahiran di HUT RI

Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo secara simbolis menyerahkan akta kelahiran kepada salah satu warga. (Foto: Eman/Seputarpapua)

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat, menyerahkan 9.125 akte kelahiran usai menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018 di Lapangan Pelabuhan Agats.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI di Agats, Ibukota Kabupaten Asmat berjalan khidmat, diikuti unsur muspida, TNI-Polri, pelajar, organisasi sosial kemasyarakatan, tokoh masyarakat dan pelajar. 

Upacara peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI dipimpin oleh Bupati Asmat, Elisa Kambu, dan bertindak sebagai komandan upacara Letda Laut Diki E.P, Komandan Pos TNI AL Agats.

Prosesi peringatan HUT Kemerdekaan RI diawali dengan pembacaan naskah teks Proklamasi dan pembacaan pembukaan UUD 1945, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran Bendea Merah Putih anggota Paskibra.

Usai upacara, Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo dan Ketua DPRD Kabupaten Asmat, Yusak Bokowi secara simbolis menyerahkan akte kelahiran kepada warga.

Pemerintah setempat melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Cipil sebelumnya telah menerbitkan 9.125 akte kelahiran untuk diserahkan kepada warga.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan penyerahan 9.125 akte kelahiran dimaksud untuk mempercepat implementasi program Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera (Bangga Papua).

“Penyerahan akte kelahiran dalam jumlah banyak ini terkait dengan program Bangga Papua. Pemprov Papua akan menyalurkan bantuan tersebut pada November 2018,” kata Bupati Kambu.

Ia mengatakan program perlindungan sosial tersebut dikhususkan kepada tiap anak orang asli Papua yang berusia di bawah empat tahun, yang mana akan memperoleh bantuan uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan.

“Bapak ibu harus daftarkan anak-anak ke Kantor Capil, supaya terdata dalam Kartu Keluarga. Selanjutnya akan divalidasi oleh Tim Sekber Bangga Papua, sehingga mereka bisa dapat program itu,” katanya.

Selain itu, Kambu juga mengajak masyarakatnya untuk memanfaatkan program Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) di 13 Puskesmas yang terdapat di kabupaten itu.

“Para orang tua juga harus memastikan anak-anaknya yang berusia 9 bulan-15 tahun mendapatkan imunisasi MR di pusat pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Usai penyerahan akte kelahiran, Bupati Asmat Elisa Kambu bersama unsur muspida melakukan penaburan bunga di Pelabuhan Agats guna menghormati jasa-jasa para pahlawan Kemerdekaan RI. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat