Informasi

Akhir 2017 Fiber Optic di Asmat Dikerjakan

Akhir 2017  Fiber Optic di Asmat Dikerjakan 

 

Para pimpinan SKPD sedang mengikuti sosialisasi rencana pemasangan kabel diberikan optic yang akan dikerjakan akhir tahun ini / Foto Sergi

ASMAT – Hasil kerja keras Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos melobi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan Pimpinan Pusat Telkomsel, selain mendapat 5 buah BTS yang akan ditargetkan selesai dikerjakan akhir tahun 2017. Juga, ia berhasil menghadirkan rekanan Menkominfo dari Palapa Ring Timur Telematika mendatangi Asmat. 

 

“Kita berterima kasih, karena Pemerintah Pusat bisa membantu kita di daerah ini lima buah BTS yang akan dikerjakan tahun ini. Juga, Pemerintah Pusat langsung mengirim dan menghadirkan teman kita dari rekanan Menkominfo, Palapa Ring Timur Telematika, Sofyan akan menjelaskan soal pekerjaan fiber optic yang akan dikerjakan juga akhir tahun ini,” kata Elisa dihadapan seluruh pimpinan SKPD Pemda Asmat, di Aula Ja Asmanam Ap Camar, Jum’at (7/4) pagi.

 

Ia menyebutkan, perjuangan ini semua dalam kerangka mempercepat dan mewujudkan misi perubahan di Kabupaten Asmat. Jadi, saya dan Pa Thom beberapa saat tidak berada di tempat. Karena, saya harus bisa memastikan impian itu semua bisa terwujud. Dari Penyerahan LKPD, saya ke Jakarta bertemu Mentri Pemuda Olah Raga (Menpora) terkait melobi pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) terakomodir dalam APBN 2018. Lalu, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melobi dokter spesialis dan dokter umum. Dan terakhir melobi pimpinan Pusat Telkomsel. Alhasil, hari ini hadir teman kita rekanan dari Menkominfo menjelaskan soal Fiber Optic yang akan dikerjakan akhir tahun ini,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah pimpinan SKPD. 

 

Pada saat yang sama, tim Palapa Ring Timur Telematika dari Menkominfo, Sofyan menjelaskan, terkait pembangunan fiber Optic di Kabupaten Asmat akhir tahun ini. Ia meminta Pemda Asmat dalam hal ini SKPD yang berkaitan dengan hal itu harus bisa  bekerja sama, terutama dalam mempersiapkan lahan untuk membangun Bunker kabel fiber optic dan sarana pendukung lainnya.   

 

“Saya minta teman-teman disini membantu kami memastikan lahan untuk membangun Bunker untuk penyambungan kabel fiber optic. Karena saya tahu masalah lahan di seluruh Papua ini agak rumit. Itu yang kami minta, sehingga ketika kami mulai bekerja akhir tahun ini tidak terganggu lagi soal masalah lahan,” pintanya. 

 

Dari rekaman media ini, Sofyan juga menjelaskan secara detail mengenai mekanisme penyambungan fiber optic hingga masyarakat bisa menggunakan fasilitas itu ketika menggunakan internet dalam kecepatan tinggi. 

 

“Banyak yang bertanya kepada kami soal apakah ketika sudah menyambung kabel optic signal sudah tersedia. Saya jawab belum. Karena, sarana pendukung untuk itu akan dikerjakan oleh teman-teman dari Telkomsel dan teman-teman swasta yang lain,” ujarnya.

 

Usai sosialisasi dari staff rekanan Menkominfo Palapa Ring Timur Telematika, Sofyan, Bupati Asmat mengucapkan terima kasif kepada staff rekanan dari Menkominfo Palapa Ring Timur Telematika. “Saya mewakili seluruh masyarakat dan Pemda Asmat mengucapkan terima kasih. Jauh-jauh dari Jakarta bisa bersama kami hari ini jelaskan soal kabel fiber optic. Pa saya minta maaf, saya tidak bisa temani. Nanti, Kominfo akan menemani bapak dengan tugas-tugas lainnya. Saya masih lanjut  dengan pimpinan SKPD ini,” katanya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat