Informasi

Asmat Anggarkan Rp 9 Miliar Untuk Program 1000 HPK

Asmat Anggarkan Rp 9 Miliar Untuk Program 1000 HPK

Sejumlah ibu di Distrik Agats sedang menggendong bayinya. Mereka ini adalah peserta Program 1000 HPK. Sejumlah ibu di Distrik Agats sedang menggendong bayinya. Mereka ini adalah peserta Program 1000 HPK.
 

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat mengalokasikan dana sebesar Rp9 miliar dari  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017, untuk membiayai Program Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK).

“Pagu dana untuk keseluruhan puskesmas sekitar Rp9 miliar. Dari Rp9 miliar itu, baru sekitar Rp5 miliar yang terpakai karena sebagaian besar Puskesmas baru mulai pada bulan Juni 2017,” kata Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, dr. Steven Langi, Jumat (6/9).

Dikatakan, Program 1000 HPK secara serempak digalakkan di 13 puskesmas sejak Bupati Asmat, Elisa Kambu meluncurkan pada 10 Juni 2017.

 13 puskesmas yang melaksanakan Program 1000 HPK, yakni Puskesmas Kamur, Bayun, Primapun, Basim, Atsj, Binam, Kolfbrasa, Ayam, Agats, Sawa Erma, Tomor, Suru-Suru dan Puskesmas Unirserau.

Menurut dia, pencanangan Program 1000 HPK di Kabupaten Asmat sebenarnya telah dimulai pada Oktober 2016, dan Puskesmas Agats menjadi pilot project dari program tersebut. Di Puskesmas Agats, program tersebut dinilai berhasil sehingga pemerintah Agats menggalakkan untuk 12 Puskesmas lainnya pada tahun ini dengan pada kesehatan ibu hamil.

“Beberapa nilai yang diukur, seperti berat badan ibu hamil, lingkaran lengan atas (Lila) dan hemoglobinnya yang mempunyai hasil yang signifikan. Terjadi perubahan. Awalnya, nilainya sangat rendah, tapi waktu mengikuti Program 1000 HPK, nilai-nilai tersebut naik,” terangnya.

Setelah mendapatkan hasil yang cukup memuaskan di Puskesmas Agats, katanya, pemerintah daerah optimis Program 1000 HPK dapat diterapkan di Puskesmas lainnya. Program ini didorong dalam rangka meningkatkan SDM generasi Asmat sejak dini.

“Program ini akan berjalan baik jika partisipasi pesertanya bagus. Program 1000 HPK sangat bermanfaat sekali untuk pembentukan generasi sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Di tahun-tahun pertama dalam kehidupan anak tersebut, pembentukan otak dan fungsi tubuh suda  terjadi,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, 1000 HPK merupakan program strategis di bidang kesehatan, terutama pembentukan tumbuh kembang anak pada 1000 hari pertama atau masa periode emas. 1000 HPK terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan seorang anak. Pada masa ini nutrisi yang diterima oleh bayi saat dalam kandungan hingga usia dua tahun memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat usia dewasa. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat