Informasi

ASMAT RUTE TUJUAN WISATA DUNIA

JAMES ANDERSON : JALAN, RUMAH DAN MASYARAKAT SANGAT UNIK

Agats, AMA – Sebelum Raja Ampat mendunia karena keindahan alamnya, masyarakat Eropa dan Amerika telah lebih dahulu mengenal Asmat karena seni ukirnya. Bahkan sampai saat ini Kota Asmat selalu menjadi rute wisata dunia. Para turis mancanegara sangat ingin melihat lebih dekat suasana Kota Agats maupun hasil karya tangan para pengukir smat yang terkenal.

 James Anderson turis asal Amerika Serikat yang ikut berlayar bersama kapal turis saat sandar di dermaga Agats kepada AMA. Mengaku, baru pertama kali menginjakkan kaki di Ibukota Asmat namun, ia sudah merasa begitu senang bisa sampai di Asmat.”saya senang sekali, sebab ini pertama kalinya datang ke Asmat”,ungkapnya.

James mengatakan bahwa banyak keunikan yang dilihatnya saat tiba di Asmat, “Jalan, Rumah dan Masyarakatnya sangat unik”, tandasnya singkat.

 Di tempat berbeda Kepala Bidang Pelayanan Pariwisata, Matus Genuny, S.Sos, M.Si mengatakan kunjungan para turis ini berkah bagi masyarakat Asmat. Dia berharap para turis pulang ke negara asalnya bisa menceritakan kesan yang baik saat mereka menginjakkan kaki di kota Agats ini.

 “Kita harap para turis ini, bisa pulang ke tempat mereka dengan kesan yang baik, supaya apa yang akan mereka sampaikan kepada sanak saudara mereka, tentang budaya Asmat dapat mengajak yang lain untuk berkunjung ke Asmat,” ujar Matius Genuny saat diwawancarai AMA diruang kerjanya.

 Matus Genuny menambahkan, masih harus terus membenahi pelayanan pariwisata mulai dari hotel dan lingkungan yang bersih. Disamping itu, juga mendorong masyarakat untuk menghidupkan kembali pesta – pesta adat yang sudah hampir punah termakan modernisasi yang berkembang pesat di Kabupaten Asmat ini. Joel-AMA

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat