Informasi

Atasi Sekolah Rusak, Manfaatkan Musrenbang Kampung

Atasi Sekolah Rusak, Manfaatkan Musrenbang Kampung 

Donatus Tamot, S.Pd, M.Pd

 

ASMAT - Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Donatus Tamot, S.Pd, M.Pd menyarankan kepada guru-guru yang bangunan sekolahnya sudah rusak atau membutuhkan rehabilitasi mengikuti secara aktif dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kampung. 

 

“Saya kasih saran selain Dinas berusaha. Guru-guru koordinasi baik dengan Kepala Kampung ketika Musrenbang Kampung diadakan di setiap kampung. Sampaikan Kepala Kampung supaya sekolah-sekolah yang sudah rusak dan butuk direhab dimasukan programnya dalam Musrenbang Kampung. Saya kalau ada data dari bawah lewat Musrenbang kampung, Musrenbang Distrik pasti ngotot ketika Musrenbang Kabupaten. Saya kira begitu,” katanya dalam rapat bersama 56 guru dan kepala Sekolah, dari PAUD, TK, SD dan SMP se Distrik Pantai Kasuari, di Ruang Rapat SMP Negeri Kamur, Sabtu (11-2) malam lalu.

 

Dalam rapat itu, salah satu guru menyampaikan kondisi SD Kumurai di Kampung Amagais anak-anak sekolah tidak ada yang masuk sekolah lagi. Karena, anak-anak bersama orang tua mereka masuk hutan mencari kayu gaharu. Dia menyebutkan juga kondisi sekolah seng-sengnya kalau angin kencang terbang kemana-mana. “Saya mau sampaikan itu saja pa,” kata seorang guru yang mengakui bertugas di SD Kumurai.

 

Menyikapi hal itu, Tamot mengaku sudah sampai dan mengetahui persis kondisi sekolah tersebut. “Saya tahun lalu ketika masih di Kesbangpol dan melakukan kegiatan di sekolah itu sudah menyaksikan kondisi sekolah tersebut. Sekolah tersebut menjadi perhatian khusus saya. Begitu pa guru. Jadi saya sudah sampai di sekolah itu,” akunya.

 

Salah satu guru mengaku bernama, Alexander Yamlean meminta kegiatan ekstrakurikuler sekolah digalakan lagi kegiatan pramuka. “Saya berharap kegiatan pramuka kembali digalakan di setiap sekolah. Karena, kegiatan pramuka salah satu bentuk kegiatan yang menolong anak-anak bisa disiplin dan karakternya bisa terbentuk,” harapnya.

 

Menanggapi hal itu, Tamot menginstruksikan setiap sekolah harus menggalakan kegiatan pramuka. “Saya minta maaf. Saran pa Alex saya sangat setuju. Maka, saat ini walau saya belum definitif sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat menginstruksikan kepada kepala-kepala sekolah harus menghidupkan kembali kegiatan pramuka di sekolah-sekolah. Terima kasih pa Alex mengingatkan saya soal pramuka,” katanya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat