Informasi

Bupati Asmat Minta Keuangan Daerah Dikelola Sesuai UU

Bupati Asmat Minta Keuangan  Daerah Dikelola Sesuai UU

Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Halason Frans Sinurat  ketika melakukan tatap muka dengan BPK Provinsi

 

ASMAT – Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Halason Frans Sinurat dihadapan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Propinsi Papua, Kepala-Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala-Kepala Seksi Keuangan dan Bendahara dari masing-masing SKPD mengatakan, setiap SKPD, Kepala Seksi Keuangan dan Bendahara harus bisa memastikan pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan dan undang-undang (UU) yang berlaku.

 

“Saya harapkan kita bisa mengatakan kepada diri kita masing-masing dan kepada publik bahwa pengelolaan keuangan kita sesuai aturan dan perundang-undangan. Walau selama ini, Kabupaten Asmat selalu mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” katanya pada saat tatap muka dengan BPK RI Perwakilan Propinsi Papua, di ruangan rapat Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Selasa (31/1). 

 

Kambu menyampaikan kepada Tim BPK Perwakilan Propinsi Papua bahwa Kabupaten Asmat sudah siap menyajikan data-data pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2016. Dan ia percaya kepada Tim BPK Perwakilan Propinsi Papua akan menilai dan mengevaluasi pengelolaan keuangan daerah Asmat secara profesional.

 

“Saya sangat percaya kalau kaca mata BPK menilai pengelolaan keuangan daerah Asmat pasti negara kita ini senang dengan hasil kerja keras kita semua. Maka kita selalu berjuang bekerja mendekati kesempurnaan. Untuk mencapai itu, kita tidak sungkan-sungkan mengevaluasi dan menilai. Dan saya mau sampaikan kepada Tim BPK Perwakilan Propinsi Papua Asmat siap menerima hasil evaluasi yang dinilai Tim. Sehingga, saya minta semua Kepala SKPD, Kepala Seksi Keuangan dan Bendahara semua berada di tempat,” pintanya.

 

Dihadapan Bupati Asmat, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Kepala-Kepala SKPD, Kepala Seksi Keuangan dan Bendahara dilingkungan Pemda Asmat, Ketua Tim BPK RI Perwakilan Propinsi Papua, Samuel Silitonga menyampaikan Tim akan memeriksa dan mengevaluasi pengelolaan keuangan Daerah Asmat tahun anggaran 2016 selama 20 hari ke depan. 

 

“Saya dan anggota tim saya pada prinsipnya akan mengevaluasi sesuai dengan prinsip-prinsip undang-undang pengelolaan keuangan daerah. Apakah dokumen-dokumen keuangan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip undang-undang. Maka kami akan meminta semua dokumen-dokumen yang berkaitan dengan anggaran tahun 2016,” katanya. 

 

Ia menekankan hasil evaluasi pendahuluan ini belum bisa dikelompokan dalam sebuah temuan. Karena, Tim hanya mengevaluasi awal pengelolaan keuangan daerah anggaran 2016. Pemeriksaan berikut itu akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan secara terperinci pemanfaatan dana dari masing-masing SKPD. 

 

“Kami berharap kita bekerja sama untuk memudahkan evaluasi,” katanya sambil memperkenalkan anggota tim, diantaranya, Cika, Hardi Gultom dan Deyong. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat