Informasi

Bupati Asmat Panen Padi di Distrik Sirets

Bupati Asmat Panen Padi di Distrik Sirets

Bupati Asmat Elisa Kambu saat memanen padi di Distrik Sirets. (Foto: Eman)
 

ASMAT | Bupati Asmat, Elisa Kambu didampingi sejumlah pejabat daerah setempat melakukan panen padi di Kampung Yousakor dan Sakor, Distrik  Sirets, Kabupaten Asmat. 

 

Petani setempat menanam padi di atas lahan seluas sepuluh hektare yang tersebar pada sejumlah titik di dua kampung tersebut. 

 

Bupati Kambu memberikan apresiasi kepada warga Yousakor dan Sakor karena telah memanfaatkan tanah mereka menjadi lahan pertanian yang ditanami berbagai jenis tanaman, di antaranya padi.

 

“Ini harus dipertahankan, dan kalau bisa ditingkatkan. Saya terlalu yakin nanti hasilnya lebih maksimal,” kata Kambu sebelum panen padi di Kampung Yousakor, Selasa (11/9).

 

Bupati Kambu mengatakan, tanaman padi di Yousakor dan Sakor serta sejumlah kampung lainnya berpotensi untuk dikembangkan. Sebab itu masyarakat harus terus dipacu dan didampingi dalam kegiatan pertanian.

 

“Hasilnya ini utamakan untuk pangan keluarga, selebihnya kita jual. Banyak orang yang anak-anaknya menjadi orang-orang hebat itu kehidupannya petani, dari jual beras,” katanya.

 

Ia berharap agar Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian setempat mengembangkan potensi pertanian di Yousakor dan Sakor sehingga kelompok tani di dua kampung mampu menambah luasan lahan mereka.

 

“Saya harap kelompok tani yang ada di dua kampung ini tetap solid. Dan apa yang dikerjakan di sini bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya,” ujarnya.  

 

Tokoh masyarakat Sirets, Yoel Mangaprauw mengatakan lahan sawah yang tersebar di Kampung Yousakor dan Sakor seluas sepuluh hektare, dan yang dipanen secara bersamaan seluas delapan hektare.

 

“Karena ada beberapa lahan yang ditanam tidak bersamaan. Ukuran lahan rata-rata 25-x25 meter. Warga baru belajar menanam padi, sehingga kami mengharapkan dukungan pemerintah,” kata Yoel.

 

Legislator pada DPRD Kabupaten Asmat itu mengharapkan dukungan dari pemerintah setempat agar masyarakat di dua kampung tersebut lebih bersemangat menanam padi.

 

“Dengan dorongan yang kuat, kelompok-kelompok tani kami bisa mengembangkan persawahannya, dan itu bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lain yang ada di Sirets ini,” ujarnya.

 

Kegiatan panen padi di Yousakor dan Sakor Distrik Sirets dihadiri Kapolres Asmat AKBP Andi Yoseph Enoch, Kepala Dinas Pertanian Asmat Muhammad Iqbal dan anggota DPRD Asmat Yoel Mangaprauw, kepala distrik Sirets, kepala kampung dan tokoh masyarakat. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat