Informasi

Bupati Asmat Pantau Langsung Pemungutan Suara Pilgub Papua

Bupati Asmat Pantau Langsung Pemungutan Suara Pilgub Papua

 

Proses pemungutan suara Pilgub Papua di Kabupaten Asmat.Proses pemungutan suara Pilgub Papua di Kabupaten Asmat.
 

ASMAT | Bupati Asmat Elisa Kambu memantau pemilihan gubernur (Pilgub) Papua di Kabupaten Asmat dengan mendatangi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Agats, Rabu (27/6).

 

Menurut Bupati Kambu, pemantauannya itu guna memastikan penyelenggaraan Pilgub Papua di Kabupaten Asmat berjalan aman, tertib, lancar dan sukses.

 

“Proses pemilihan masih berlangsung, dan sementara ini di Distrik Agats berjalan aman. Begitu juga di distrik-distrik lainnya, kita juga sedang melaksanakan pemantauan,” katanya. 

 

Ia mengatakan, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri bertanggungjawab terhadap keamanan dan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi. Sementara pengawasan dilakukan oleh pengawas pemilihan umum (Panwaslu) di kabupaten.

 

“Teman-teman TNI-Polri juga sedang menjaga dan memantau keamanan Pilgub Papua di Asmat. Sementara kita pemerintah daerah harus memastikan Pilgub ini berjalan lancar dan sukses,” katanya.

 

Khusus di Distrik Agats, pemilihan gubernur berlangsung di 40 TPS. Ada 12 kampung dalam Distrik Agats. Enam kampung  berada dalam wilayah Kota Agats, Ibukota Kabupaten Asmat, dan sisanya berada dalam wilayah pesisir Distrik Agats.

 

“Ada 40 TPS di Distrik Agats, itu di 12 kampung. Jumlah pemilih sebanyak 13.539 jiwa. Khusus dalam wilayah Kota Agats sendiri ada 25 TPS, sisanya tersebar di beberapa kampung di pesisir,” kata Ketua PPD Distrik Agats Ali Hasan.

 

Hasan mengatakan, hingga Rabu sore proses rekapitulasi surat suara di tingkat PPS masih dilaksanakan. Setelah itu baru dinaikkan ke tingkat PPD untuk direkapitulasi kembali.

 

“Saat ini yang baru selesai direkap itu baru Kampung Ewer, ada 601 pemilih di sana. Suara sah dilaporkan 600 dan tidak sah satu surat suara. Untuk sisanya masih direkap dan disortir di tingkat PPS, setelah selesai baru dinaikkan ke PPD,” tandasnya. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat