Informasi

Bupati Asmat Pantau UN Tingkat SMP

Bupati Asmat Pantau UN Tingkat SMP 

Bupati Asmat Elisa Kambu ketika melihat langsung pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP. Bupati Asmat Elisa Kambu ketika melihat langsung pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP.
 

ASMAT | Hari terakhir penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Asmat, Bupati Asmat Elisa Kambu melakukan pemantauan di sejumlah sekolah di Agats, Kamis (26/4).

 

Bupati Elisa Kambu didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Asmat, Jakobus Gedu dan Kabag Humas Setda Asmat, M. Reza A. Baadila. 

 

Beberapa sekolah yang dikunjungi antara lain SMP Negeri 2 Agats, SMP YPPK St. Yohanes Pemandi, SMP Negeri Mbait.

 

“Atas perkenaan Tuhan, pelaksanaan UN SLTP dari hari pertama hingga keempat berlangsung aman. Kita semua berdoa supaya proses hingga akhir berjalan dengan baik,” kata Elisa Kambu.

 

Dikatakan, ujian nasional dilaksanakan dalam rangka melakukan evaluasi terhadap proses belajar siswa yang mengenyam pendidikan SLTP selama tiga tahun. Diyakini para pelajar yang mengikuti ujian tersebut telah mempersiapkan diri dengan baik.

 

“Apapun yang diperoleh nantinya adalah hasil jerih payah mereka selama tiga tahun. Semua itu berkat dukungan orang tua, guru-guru dan pemerintah. Mewakili orang tua, saya menyampaikan terima kasih kepada guru-guru,” ujarnya.

 

Bupati mengharapkan pelajar yang nantinya lulus dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan meraih cita-citanya. Pemerintah dan masyarakat siap memberikan dukungan kepada generasi Asmat.

 

“Kita harap mereka berjuang memperoleh cita-citanya dan akhirnya kembali membangun tanah ini, membangun Papua secara umum," ujarnya. 

 

Bupati  menambahkan, tujuan dari pemantauan itu adalah untuk memastikan penyelenggaraan ujian nasional di Asmat berjalan sesuai dengan apa yang disyaratkan, dan juga sebagai bentuk dukungan moral kepada para peserta ujian.

 

“Pemerintah hadir untuk memberikan support sehingga mereka lebih bersemangat. Mereka tidak sendiri, kalau mau sekolah pasti ada dukungan,” imbuhnya. 

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Asmat, Jakobus Gedu mengatakan, ada 14 sub rayon yang menyelenggarakan UN tingkat SMP di Asmat, sembilan sekolah di antaranya tersebar di distrik-distrik. 

 

“Ada 14 SMP, 5 dalam wilayah Agats dan 9 di luar Agats. Total peserta sebanyak 672 siswa. Tim sudah diturunkan sejak hari Minggu lalu. UN dilaksanakan dari tanggal 23-26 April 2018,” katanya.

 

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Agats, Alpibert Hattu mengatakan, menghadapi UN tahun ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan sejak 2017 lalu. Di antaranya mengadakan les tambahan dan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

 

“Ada 62 peserta yang terbagi dalam 3 rombongan belajar. Tahun lalu tingkat kelulusan 100 persen. Kami harap tahun ini juga dan ada peningkatan nilai pada siswa,” katanya.

 

Hal senada disampaikan Kepsek SMP YPPK St. Yohanes Pemandi Agats, Pastor Benediktus Rahawarin, Pr. Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dari jauh hari, termasuk memberikan pembinaan rohani kepada siswa-siswi.

 

“Peserta kami ada 129 orang, terbagi dalam 7 ruang. Selain les tambahan dan tri out, kami melakukan kegiatan rekoleksi. Ini persiapan batin, biar tenang mengikutinya. Tahun lalu tingkat kelulusan 100 persen,” kata Pastor Beni. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat