Informasi

Bupati Asmat Serahkan LKPD Tahun 2016 ke BPK

 Bupati Asmat Serahkan  LKPD Tahun 2016 ke BPK 

 

“Asmat menjadi kabupaten pertama tahun ini yang menyerahkan LKPD ke BPK Provinsi Papua.”

 

Bupati Saat Menyerahkan LKPD Kabupaten Asmat 2016

 

SAPA (JAYAPURA) - Pemerintah Kabupaten Asmat dalam hal ini Bupati Asmat Elisa Kambu, SSos mendatangi Kantor Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Papua, Jumat (24/3) untuk menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Asmat 2016. Bupati Kambu diterima lansung oleh Kepala BPK Provinsi Papua, Beni Ruslandi, SE, MCom. 

 

Bupati Kambu menjelaskan, penyerahan LKPD tersebut sebagai bentuk Pemda Asmat mempertanggung jawabkan laporan keuangan tahun 2016 yang telah selesai digunakan, dimana hal tersebut merupakan hal yang wajar dan sudah sepatutnya dilakukan oleh Pemda sebagai pengelola keuangan Negara di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. 

 

“Penyerahan LKPD 2016 kepada BPK RI perwakilan Provinsi Papua merupakan amanat Undang-Undang Nomor 17 T.A 2003 tentang keuangan negara, dimana tanggung jawab saya sebagai bupati untuk menyerahkan laporan 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” kata Kambu.

 

Dikatakan, penyerahan LKPD 2016 ini menandakan kesiapan Pemda Asmat untuk diaudit BPK, baik secara administrasi maupun fisik sebagaimana prosedur yang telah berlaku. “Dengan penyerahan ini ke depan LKPD 2017 dapat ditingkatkan kualitasnya baik kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, standar akutansinya dan kewajaran pengungkapan sehingga kami bisa mempertahankan opini sama dengan 2015 yaitu WTP,” ujarnya. 

 

Bupati Asmat Mendatangani Berita Acara Penyerahan LKPD

Semetara itu, Kepala BPK Provinsi Papua, Beni Ruslandi, SE, MCom mengatakan, Kabupaten Asmat merupakan salah satu kabupaten yang menyandang status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan menjadi kabupaten pertama tahun ini yang menyerahkan LKPD ke BPK Perwakilan Provinsi Papua.

 

“Status WTP yang disandang merupakan hasil kerja ASN dan komitmen Bupati dan DPRD Asmat. Kami hanya sebatas memberikan status WTP kepada Kabupaten Asmat dan itu adalah hasil kerja mereka. Kami berharap untuk Kabupaten Asmat dapat mempertahankan status WTP ini, malah lebih ditingkatkan,” kata Beni. 

 

Penyerahan LKPD Kabupaten Asmat tersebut di lakukan dengan penandatanganan berita acara penyerahan laporan keuangan dari Pemda Asmat oleh Bupati Asmat Elisa Kambu kepada Kepala BPK Provinsi Papua Beni Ruslandi.  Dalam kesempatan yang sama pemerintah daerah telah menyampaikan laporan pertanggung jawaban Parpol 2016 kepada BPK RI. (Sapa)

 
Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat