Informasi

Dinas Infokom Target 2017 Kabupaten Asmat Ada Layanan 3G

Dinas Infokom Target 2017 Kabupaten Asmat Ada Layanan 3G

20170425160227-img20170128wa0014

Staf Infokom M. Irianto
 

ASMAT - Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) tahun ini berupaya agar daerah ini ada layanan 3G Telkomsel. Pasalnya, selama ini masyarakat tidak dapat mengakses internet. Tak hanya itu, untuk SMS maupun teleponpun sangat sulit.

 

Kepada Salam Papua,  Kepala Dinas Infokom  Asmat, Drs. Daniel Rumroren melalui staf Infokom M. Irianto menjelaskan bahwa, sebelumnya pada tahun 2016, sudah dilakukan pertemuan antara pihak Telkomsel dan sejumah Kabupaten pemekaran baru, termasuk juga Kabupaten Asmat, di Wamena. Dimana dari hasil pertemuan tersebut seluruh Kabupaten yang ada meminta agar Telkomsel menaikan jaringan yang ada ke 3G.

 

Selanjutnya, oleh Pemkab Asmat melalui Dinas Infokom melakukan koordinasi ke pihak Telkomsel. Namun, jawaban yang diberikan pihak Telkomsel yaitu Pemkab Asmat harus memberikan subsidi setiap bulannya dua ratus juta rupiah.

 

Melihat besaran subsidi yang cukup besar, maka Pemkab Asmat mencari provider lain yaitu XL.

 

"Namun hingga akhir  tahun 2016  belum ada," kata Irianto ketika ditemui di Kantor Bappeda, Jumat (27/1).

 

Lanjut dia, pihak Telkomsel kemudian menawarkan diri untuk meningkatkan layanannya ke 3G tanpa harus Pemkab Asmat memberikan subsidi. Sehingga oleh Pemkab Asmat menyambut baik hal itu dengan baik.

 

"Ada kabar gembira di tahun 2017 dimana Telkomsel menawarkan diri untuk menaikan status menjadi 3G tanpa ada pungutan dari Pemda Asmat," katanya.

 

Sebelumnya, ia menjelaskan, sebelum Pesta Budaya Asmat tahun lalu pihak Telkomsel sudah memasang visa 3G. Namun karena terjadi gempa di Kabupaten Sarmi sehingga belum berjalan layanan 3G di Asmat.

 

"Ditahun 2017 ini, kita suda bisa gencot supaya 3G dan jaringan internet di Kabupaten Asmat sudah bisa sama dengan daerah lain. Kasihan warga di Kabupaten Asmat sangat merindukan dan berharap agar jaringan Telkomunikasi bisa baik di Asmat. Kasihan kita di Asmat sangat kesulitan dalam menelpon, SMS dan terlebih parah lagi jaringan internet," jelas Irianto.(Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat