Informasi

Dinas Pertanian Kembangankan Sawah di Asmat

Dinas Pertanian Kembangankan Sawah di Asmat 

Kepala DTPP  Kabupaten Asmat,  M. Iqbal Rimosan, SP, M.Si

 

 

ASMAT -  Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian (DTPP) mengembangkan sawah di Kampung Sagare, Distrik Auyu, Kabupaten Asmat tidak mengejar hasil produksi.  Hasil produksi hanya sasaran sampingan.  Target utama DTPP merubah pola pikir dan prilaku warga petani setempat bisa beraksi sebagai petani sawah.

 

“ Itu prioritas utama. Kami sama sekali tidak mengejar produksi. Prioritas utama Dinas pertanian itu mendampingi warga berubah pola pikir dan prilaku sampai pada melakukan aksi sebagai petani,” kata Kepala DTPP  Kabupaten Asmat,  M. Iqbal Rimosan, SP, M.Si kepada media ini soal target utama DTPP mengembangkan persawahan di Kampung Sagare, Distrik Auyu, di Ruangan kerjanya, di DTPP, Rabu (16-2).

 

Dia menyebutkan, potensi pengembangan persawahan di Distrik Auyu sangat besar.Dan direncanakan tahun ini oleh Pemerintah Pusat akan mengembangkan sekitar 40 hektar, disamping mempersiapkan irigasinya sepanjang 500 meter persegi. 

 

“Kami berupaya mendampingi warga setempat bisa tanpa pendamping menjadi petani sawah. Bagian inilah, pekerjaan kami yang membutuhkan waktu lama merubah pola pikir dan prilaku warga,” ujarnya.

 

Ia mengaku bangga ketika warga setempat didampingi sejak 2008 lalu sudah bisa berpartisipasi mengolah sawahnya bersama pendamping dari DTPP. 

 

“Paling tidak mereka bisa menikmati hasil kerjanya mengolah sawah. Hanya problem lain, ada yang giat mengolah sawah,  ada kelompok lain mengambil hasilnya tanpa bersusah payah, itu masalah yang kita hadapi selama ini,” akunya.

 

Dia menjawab  media ini soal bantuan fasilitas  pendukung yang disalurkan pemerintah kepada warga petani  menyebutkan, fasilitas pendukung pada saat panen seperti saat ini. Pemerintah sudah menyalurkan mesin perontok hingga mesin penggilingan padi. “Mesin perontok padi dan mesin penggilingan sudah ada di Kampung Sagare. Jadi itu fasilitas yang sudah disalurkan. Penyaluran fasilitas pendukung itu pula,kita berharap mereka terpacu mengolah sawah lebih giat,” ujarnya.(Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat