Informasi

Dinas PRKP Asmat Dorong 2.000 Sertifikat Gratis

Dinas PRKP Asmat Dorong 2.000 Sertifikat Gratis

 

Pelaksana tugas Kepala Dinas PRKP, Yunus YodPelaksana tugas Kepala Dinas PRKP, Yunus Yod
 

ASMAT | Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKP) Kabupaten Asmat mendorong pelayanan persertifikatan bagi masyarakat Asmat. Pada tahun ini, ditargetkan 2.000 sertifikat tanah yang diterbitkan secara gratis untuk masyarakat di kabupaten tersebut.

 

Pelaksana tugas Kepala Dinas PRKP, Yunus Yod mengatakan, pihaknya sedang mendorong pelayanan sertifikat tanah gratis untuk masyarakat di Asmat. Tahun lalu, masyarakat setempat memperoleh jatah 1.000 sertifikat. Pada tahun ini, target itu dinaikkan dari 1.000 bidang (sertifikat) menjadi 2.000 bidang. 

 

“Nanti akan diterbitkan 2.000 sertifikat gratis. Tahun lalu kami hanya mencapai 700 bidang yang siap dilepaskan, maka tahun ini akan dikebut hingga 2.000,” kata Kepala Bidang Pertanahan Dinas PRKP Kabupaten Asmat itu, Selasa (15/5).

 

Untuk mencapai target tersebut, kata Yunus, pihaknya turun ke sejumlah distrik guna melakukan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan selama empat hari di Distrik Sawa Erma, Atsy, Pantai Kasuari dan Fayit.

 

“Masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi itu, karena selama ini memang mereka tidak tahu manfaat adanya sertifikat tanah,” ujarnya.

 

Setelah dilakukan sosialisasi, pihaknya akan melakukan pengumpulan data dan informasi terkait pemohonan sertifikat gratis di Asmat. Jika proses itu telah selesai, selanjutnya dilakukan identifikasi dan pendaftaran di Kantor Pertanahan Merauke.

 

“Kami masih bagian dari Kantor Pertanahan Merauke. Nanti pengukurannya bersama-sama petugas Kantor Pertanahan Merauke. Tapi sebelum itu kami harus turun sosialisasikan PTSL,” katanya.

 

Menurut Yunus, pihaknya telah memberi tugas kepada setiap distrik untuk pengumpulan data dan informasi terkait pemohonan sertifikat gratis masing-masing dibebankan sebanyak 100 permohonan.

 

“Ini dimaksudkan supaya mencapai target 2.000 bidang itu. Kalau sudah memenuhi kuotanya, kami akan komunikasikan dengan Kantor Pertanahan Merauke dan Kanwil Jayapura. Nantinya proses pembuatan sertifikat di Merauke,” tandasnya. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat