Informasi

Distan Dorong Kampung Sagare Jadi Desa Pertanian

Distan Dorong Kampung Sagare Jadi Desa Pertanian

 
Kepala Distan Kabupaten Asmat, Muhammad Iqbal

ASMAT | Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian (Distan) Kabupaten Asmat berupaya mendorong Kampung Sagare, Distrik Awyu, Kabupaten Asmat menjadi desa pertanian di kabupaten itu.

Kepala Distan Kabupaten Asmat, Muhammad Iqbal saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pembangunan pertanian di Kampung Sagare telah dimulai 2009 lalu, karena kampung ini memiliki potensi pertanian yang baik.

“Struktur tanahnya bagus dan ketersediaan airnya memenuhi. Juga masyarakatnya sangat berperan. Sehinggga kita membuka lahan uji coba di sana,” kata Iqbal, Senin (20/8).

Dinas Pertanian Kabupaten Asmat, kata Iqbal, membuka lahan pertanian seluas 15 hektar di Sagare pada 2009-2010. 

Seiring berjalannya waktu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membantu pengembangan pertanian di Kampung Sagare.

“Setelah disurvey, PUPR berencana melakukan pengembangan seluas 350 hektar. Tapi yang baru dibuka 40 hektar untuk lahan pertanian, bangunan-bangunan irigasi dan perumahan,” katanya.

Dari lahan 40 hektar tersebut, 20 hektar dikembangkan untuk tanaman padi. Sisanya untuk bangunan-bangunan irigasi seperti longstorage sebanyak sepuluh unit dengan luasan 2,3 kilometer, dan perumahan petani.

“Karena ini sebagai uji coba, maka dibangun pemukiman bagi masyarakat di lahan tersebut. Ini akan menjadi cikal bakal desa pertanian. Ada rumah masyarakat dan ada lahan usaha yang didukung infsratruktur pertanian seperti irigasi,” tutur Iqbal.

Pemerintah berharap agar masyarakat setempat benar-benar memanfaatkan program dan fasilitas yang diberikan pemerintah tersebut, sehingga mereka bisa mencukupi kebutuhan pangan keluarga serta meningkatkan ekonomi keluarga.

“Rencananya 15 hektar untuk tanaman padi, sisanya untuk tanaman jagung dan sayur-sayuran. Kita harapkan mereka dapat mengolah lahan itu secara berkelanjutan,” pungkasnya. (seputapapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat