Informasi

Gubernur IPDN Resmikan Rumah di Kampung Mbait Asmat

Gubernur IPDN Resmikan Rumah di Kampung Mbait Asmat

 

Gubernur IPDN Profesor Dr. Ermaya Suradinata ketika memberikan sambutan.Gubernur IPDN Profesor Dr. Ermaya Suradinata ketika memberikan sambutan.
 

ASMAT | Gubernur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Profesor Dr. Ermaya Suradinata meresmikan sekaligus menyerahkan kunci rumah kepada salah seorang warga Kampung Mbait, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Jumat (18/5) sore.

 

Rumah tersebut dibangun Praja IPDN saat melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) selama kurang lebih satu bulan di Kabupaten Asmat.

 

 “Ini adalah rumah yang ke 61 yang dibangun oleh para Praja di seluruh Indoensia pada tahun 2018,” kata Ermaya dalam sambutannya.

 

Ermaya mengatakan, pihaknya juga baru meresmikan puluhan rumah yang dibangun oleh para Praja IPDN di Kabupaten Brebes, Bogor, Indramayu, termasuk di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

 

Menurut dia, rumah yang dibangun oleh para Praja di berbagai daerah merupakan bagian dari program pembangunan yang nyata dari Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

 

“Mendagri menugaskan saya selaku Gubernur IPDN untuk memberikan karya nyata, antara lain  membangun rumah, jalan dan jembatan seperti yang dilakukan para Praja saat PKL di Asmat ini,” tuturnya.

 

Ia menambahkan, karya nyata dari para Praja selama melaksanakan PKL mau menunjukkan bahwa pemerintah hadir dalam kehidupan masyarakat. Pemerintah selain memberikan pelayanan, juga menggenjot pembangunan infrastruktur bagi masyarakat.  

 

“Terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mensupport kehadiran Praja di sini. Mudah-mudahan nantinya ada anak-anak Asmat yang masuk IPDN,” tandasnya.

 

Sementara itu, Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan apresiasi kepada IPDN yang telah peduli terhadap masyarakat Asmat.

 

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada IPDN,” kata Elisa Kambu.

 

Bupati Asmat mengatakan, kehadiran para Praja di Asmat dalam rangka melaksanakan praktek kerja lapangan selama sebulan telah memberikan inspirasi yang kuat bagi masyarakat setempat. 

 

“Apa yang dilakukan oleh Praja juga memberikan inspirasi bagi anak-anak kami untuk tergerak masuk IPDN,” tandasnya.

 

Selain meresmikan dan menyerahkan rumah, Gubernur IPDN juga menyerahkan bantuan berupa buku dan tas kepada anak-anak sekolah dasar di Kampung Mbait.

 

Dalam rangkaian kegiatan itu, hadir pula Direktur IPDN Papua Ulmi Listianningsih, sejumlah pimpinan OPD, dan tokoh masyarakat.

 

Selama magang di Asmat, para Praja IPDN melakukan penataan administrasi di tingkat kampung, mensosialisasikan Permendagri Nomor 47 dan membangun papan nama jalan. Selain itu mereka melakukan tugas khusus, yakni membangun rumah sehat bagi masyarakat. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2024 - Pemerintah Kabupaten Asmat