Informasi

Guru di Asmat Akan Kena Sanksi Jika Ditemukan Tak Laksanakan Tugas

Guru di Asmat Akan Kena Sanksi Jika Ditemukan Tak Laksanakan Tugas

Matheus Metenko, S.Pd

 

ASMAT – Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Asmat, Matheus Metenko, S.Pd, menegaskan bahwa pihaknya akan memberik sanksi dengan menahan gaji tenaga pendidik (Guru) yang diketahui tidak melaksanakan tugas. Selain menahan gaji, juga dilakukan evaluasi terhadap guru yang malas bertugas. Sebab, saat ini pihaknya terus melakukan monitoring terhadap guru-guru.

 

“Untuk memastikan tenaga pendidik yang tidak melaksanakan tugas kita pantau. Asmat ini kecil, jadi kita bisa tahu guru-guru yang tidak tugas,” kata Mateus saat ditemui Salam Papua diruang kerjanya, Selasa (31/1). 

 

Saat melakukan monitoring jika terdapat ada guru yang malas ke tempat tugas, maka pihaknya akan memberikan sanksi kepada guru yang bersangkutan. Sanksi yang dimaksud adalah ditahannya insentif, dan selanjutnya memberikan teguran pertama. Jika guru masih tetap tidak melaksanakan tugas ditempat tugasnya, maka sanksi berikutnya adalah penahanan gaji. Selanjutnya jika masih sama maka akan diberikan sanksi tegas, dan tidak menutup kemungkinan akan dipecat. 

 

“Kita dari Dinas berharap agar guru-guru tetap mengajar, jangan hanya mau terima gaji saja sementara guru tidak mengajar dan berada di kota. Sekarang Dinas sangat tegas kepada guru yang malas ditempat tugas,” tegas Matheus. 

 

Seperti pantauan Salam Papua pada beberapa waktu yang lalu, beberapa Kampung di Distrik Atsj. Disitu terdapat beberapa sekolah yang hanya terdapat seorang guru yang melakukan tugas mengajar. Bahkan sampai dengan saat ini masih ada sekolah-sekolahyang belum melakukan aktifitas belajar mengajar, mengingat masih banyak guru yang berada di Kota Agats, bahkan ada pula yang  masih diluar daerah Asmat.

 

Terkait hal ini masyarakat berharap ada ketegasan Dinas Pendidikan, dan hal inipun harus dipublikasikan sehingga masyarakat bisa mengetahui sejauh mana sikap tegas yang telah diambil Dinas Pendidikan untuk memberikan sanksi tegas kepada para tenaga pendidik yang tidak melaksanakan tugas di kampung. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat