Informasi

Harga Kesetiaan Menabur, Menanam, Menuai Jadi Pemimpin Besar

Harga Kesetiaan Menabur, Menanam, Menuai Jadi Pemimpin Besar

 

Tampak Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanppo, ST, Kapolres Asmat dan Sekretaris DPW Partai Nasdem Papua dalam  pembukaan Rakorsus DPD Partai Nasdem Asmat

“Saya mau pesan kepada para kader Partai Nasdem dan khususnya anak-anak Asmat. Kalau mau menjadi orang hebat dan berkomitmen menjadi pemimpin besar harus memiliki kesetiaan dalam hal menabur, menanam  dan menuai. Harga dari kesetiaan menanam, menabur pasti menuai menjadi pemimpin besar,” pesan  Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo, ST  kepada para kader Partai Nasdem dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Kusus (Rakorsus) DPD Partai Nasdem yang ditandai dengan pemukulan Tifa, di Aula Hotel Assedu Asmat, Selasa (9/5) pagi. 

 

Gema pesan Wakil Bupati Asmat itu hingga darah mendesir, bulu kuduk merinding dan membuat suasana sunyi senyap. Itu tampak sekali, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Soleman L Hamzah yang juga Sekretaris DPW Partai Nasdem Propinsi Papua, Ketua Korwil  Garda Wanita Papua dari sayap DPP Partai Nasdem, Ny. Fauzun Nihaya,  Kapolres Asmat, AKBP, A. Azis. pengurus teras Partai Nasdem Merauke, Pdt. Jefry Rengkung dan Johan Paulus, Ketua DPD Partai Nasdem Asmat, Daniel Sumari, ratusan pengurus teras DPD, DPC serta kader  Partai Nasdem Kabupaten Asmat yang memadati Aula Hotel Assedu memandang penuh takjup dan mengikuti sambutan kata demi kata. Sesekali pula, ia membuat suasana cair dan penuh gelak tawa. 

 

“Saya mau bilang! Tiada orang hebat dan pemimpin  besar di dunia tanpa belajar dan setia mengikuti proses mengasah diri dalam wadah organisasi Partai Politik (Parpol). Predikat  yang melekat dalam diri orang-orang hebat itu tidak jatuh saja begitu dari langit. Maka berpolitik itu harus setia menabur, menanam dan hasilnya pasti kita menuai, itu pasti,” tuturnya memotivasi disambut dengan tepuk tangan meriah peserta Rakorsus DPD Partai Nasdem Asmat.   

 

Ia juga berterima kasih kepada para elit Parpol Nasdem bersama dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap eksis dan konsisten memperjuangkan dan menegakan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “Saya ikuti mulai dari mendukung pemilihan Presiden kita Joko Widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla hingga pertama sekali mendukung pemilihan Gubernur DKI, Ahok. Dan saya ucapkan terima kasih pula selama 10 tahun ini, Kabupaten Asmat tidak pernah dikunjungi anggota DPR RI. Baru Bapa H. Soleman L Hamzah dari Partai Nasdem ini yang pertama kali bisa menginjakan kaki dan melihat kami dari dekat,” ujarnya disambut tepuk tangan meriah.

 

Bagai gayung bersambut, Soleman L. Hamzah meminta seluruh kader  Partai Nasdem Kabupaten Asmat memasang badan untuk mendukung seluruh kebijakan dan program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Asmat. Visi dan Misi serta restorasi perubahan yang diamanahkan Partai Nasdem mengamanatkan mendukung penuh program Pemerintah. “Saya mewakili DPP Partai Nasdem meminta seluruh kader dan utusannya di parlemen mendukung seluruh kebiakan pemerintah Kabupaten Asmat di bawah kepemimpinan Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos dan Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo, ST, ini aman partai,” katanya.

 

Meskipun pada Pilkada lalu, kata anggota DPR RI perwakilan Papua itu, DPD Partai Nasdem Asmat mendukung calon lain dan kalah. Kini, saatnya berbalik dan mendukung seluruh kebijakan dan program bupati dan wakil bupati sekarang. “Itu saya sangat harapkan dan ini perintah partai,” tegasnya.

 

Ia juga menyampaikan dihadapan wakil bupati Asmat kalau agenda utama kehadirannya di Kabupaten Asmat dalam rangka melihat dari dekat berbagai persoalan yang dihadapi pemerintah daerah dan setiap SKPD diperjuangkan di parlemen RI dan Pemerintah Pusat. Sehingga, Kabupaten Asmat bisa bergerak maju sebagaimana kabupaten-kabupaten tetangga di Propinsi Papua. Tidak kalah penting, Soleman menyebutkan, kehadiranya untuk menyerap berbagai aspirasi masyarakat seputar pemberdayaan ekonomi di bidang pertanian dan nelayan. 

 

“Pa Wakil, saya kebetulan  anggota Komisi IV yang membidangi Tanaman Pangan dan Pertanian, Kelautan, Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Saya ingin mendapat masukan dan aspirasi dari setiap SKPD,  bagaimana bisa mendorong dana dari APBN untuk bidang-bidang tersebut. Karena, hemat saya daerah ini bisa maju tidak bisa hanya mengharapkan biaya dari APBD Kabupaten Asmat. Pemerintah pusat harus bisa mengintervensi biaya program-program pembangunan daerah ini melalui dana APBN, Dan sebagai wujud nyata kehadiran saya di Asmat ini. Saya mau sampaikan dihadapan pa Wakil. Kami akan memulai di bidang pertanian di Kabupaten Asmat dengan mengirim bibit sayur mayur, tomat dan rica untuk dikembangkan dengan sistim menanam dalam pot. Ini saya jamin akan dibantu dari DPP Partai Nasdem. Saya sebenarnya mau serahkan secara simbolis lima buah hendtraktor dan mesin pompa air untuk membantu para petani disini. Setelah, saya konsultasi dengan Dinas Pertanian itu belum terlalu dibutuhkan disini. Ini agak berbeda di Kabupaten Merauke, kami sduah membantu hampir 400 hendtraktor dan Jonder,” tuturnya disambut tepuk tangan meriah peserta Rakorsus DPD Partai nasdem Asmat.

 

Selain itu, ia mengaku diluar agenda kunjungan kerja mengisi masa reses di Kabupaten Asmat. Agenda kedua mengikuti Rakorsus DPD Partai Nasdem Kabupaten Asmat. “Jadi saya hadir di daerah ini agenda utama melakukan kunjungan kerja di pemda Asmat dan saya sebagai Sekretaris DPW Partai Nasdem Propinsi Papua hendak melakukan konsolidasi Partai Nasdem di Kabupaten Asmat. Saya berharap kesedian Pa Wakil Bupati Asmat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Rakorsus ini,” katanya.

 

Sementara, Ketua DPD Partai Nasdem Asmat, Daniel Sumari mewakili seluruh kader dan simpatisan menyampaikan selamat datang dan mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi Partai Nasdem yang juga Sekretaris DPW Partai Nasdem Papua. Dan ia juga menyampaikan terima kasih yang sama kepada Wakil Bupati Asmat dan seluruh Muspida Kabupaten Asmat serta tamu dari beberapa Parpol yang berkiprah di Kabupaten Asmat.

 

Dari rekaman media ini dalam Rakorsus DPD Partai Nasdem itu dilanjutkan dengan pembekalan dan motivasi kepada peserta Rakorsus mulai dari pengurus DPD, DPC, kader dan simpatisan Partai Nasdem yang disajikan Sekretaris DPW Partai Nasdem Papua, H.Soleman L Hamzah. Pembekalan materi pemenangan Pemilu disajikan, Johan Paulus, Pdt. Jefry Rengkung dan memotivasi Garda Wanita disampaikan Ny. Fauzun Nihaya hingga menjelang pukul 15.30 sore.

 

Tampak pula memasuki pukul 16.00 Wit, beberapa  kader Partai Nasdem yang ikut membesarkan Partai nasdem di Kabupaten Asmat bertemu khusus dengan Sekretaris DPW Partai Nasdem Papua. Tercium dalam arena Rakorsus itu beberapa kader meminta menggelar pleno khusus membahas pemilihan Ketua dan struktur kepengurusan devinitif di DPD Kabupaten Asmat. Meskipun isu itu beredar kuat dan sempat beberapa kader diberikan kesempatan menyampaikan uneg-uneg dihadapan peserta Rakorsus. 

 

Sekretaris DPW Partai Nasdem Papua yang sarat pengalaman itu menghipnotis para kader itu dengan menawarkan dan menyepakati Ketua DPD Partai Nasdem Asmat tetap mendukung kepemimpinan Daniel Sumari. Dan empat kader Partai nasdem yang menghendaki  reformasi kepengurusan sepakat bersama lima anggota yang mendukung Daniel Sumari masuk sebagai badan formatur menyusun kepengurusan lengkap DPD Partai Nasdem Asmat. 

 

“Bagaimana sepakat dengan tawaran saya!. Kalau semua sepakat seperti itu, Ketua DPD, Daniel Sumari bersama-sama badan formatur segera menyusun kepengurusan lengkapnya. Saya siap menerima dan membawa ke DPP, supaya segera DPP menerbitkan SK kepengurusan. Semua sepakat!”, ujar Soleman disambut tepuk tangan meriah peserta Rakorsus.

 

 Penutupan Rakorsus DPD Partai Nasdem Asmat itu, meski sebelumnya sempat diwarnai ketegangan, semua kader akhir bersatu merapatkan barisan membesarkan Partai Nasdem di Asmat. Tampak aura kebersamaan terbaca dalam acara penutupan sangat meriah dan dihibur peserta Rakorsus dan petinggi DPD Partai Asmat dengan menikmati suguhan musik bambu yang dipentaskan Ikatan Keluarga Toraja (IKT) serta alunan suara yang ditembangkan  koor paduan suara dari Gereja Katedral Salib Suci Agats. (Sergi)

 
Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat