Informasi

Kemenko PMK Beri Bantuan ke Asmat

Kemenko PMK Beri Bantuan ke Asmat

BANTUAN - Bupati Asmat Elisa Kambu foto bersama dengan tim ekspedisi PMK usai menyerahkan bantuan Muji/SP

ASMAT I Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melalui Tim Ekspedisi Bakti PMK memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat.

Bantuan yang diberika berupa peralatan air bersih dan sanitasi lingkungan, akses pelayanan  kesehatan, paket pendidikan dan perlengkapan sekolah, mesin penggiling padi, perangkat komputer, makanan pendamping ASI pada ibu hamil dan menyusui, perlengkapan ibadah, olaharaga dan kesenian serta demo kompor biogas tanpa BBM dan pelayanan kas keliling dan sosialisasi uang rupiah.

Penyerahan bantuan secara simbolik dari  Komandan Satgas Tim Eksepedisi Bakti PMK 2017, Denny Nuswardana kepada Bupati Asmat Elisa Kambu, pada Minggu (22/10/17) dilakukan di Dermaga Pelabuhan Asmat.

Tim Ekspedisi Bakti PMK 2017 yang merupakan beberapa gabungan dari stakeholder, yakni Bank Indonesia, Pondok Kasih, Tempo Scan, IBM, Tower Bersama Grup, Rumah Zakat, dan yang lain. Selama ekspedisi, Tim Ekspedisi Bakti PMK 2017 ini menggunakan KRI Banjarmasin yang dikomodori Letkol Laut (P) Stanley Lekehena.

Selama perjalanan ekspedisi, tim dari PMK  memberikan bantuan ke lima wilayah, yakni Pulau Muna, Tual, Dobo, Aru, Asmat, dan Merauke. Di lima wilayah tersebut, termasuk di Kabupaten Asmat.

Komandan Satgas Tim Ekspedisi PMK 2017, Denny Nuswardana mengatakan, kegiatan ekspedisi ini merupakan program  Kemenko PMK. Program ini memberikan penguatan-penguatan kepada masyarakat, baik berupa pemberian bantuan maupun pelayanan dan sosialisasi.

“Kegiatan Bakti PMK 2017 merupakan ekspedisi NKRI dalam bentuk pelayaran bakti PMK selama 34 hari. Selama waktu tersebut kami mengunjungi beberapa daerah, dengan menggunakan KRI Banjarmasin milik TNI AL,”katanya.

Misi dari kegiatan ini adalah melakukan penjelajahan pengurangan resiko bencana, pengabdian masyarakat, dan gerakan revolusi mental. 

“Untuk melaksanakan misi tersebut, kami menggandenga beberapa pihak. Sehingga bisa terselengara dengan baik. Dan semoga Bakti PMK 2017 ini bisa diterima dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Asmat,”ujarnya.

Sementara Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu,S.Sos  bersyukur telah dikunjungi  Tim Ekspedisi PMK yang datang dengan KRI Banjarmasin. Dimana ini merupakan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Karenanya, atas nama masyarakat Pemkab dan masyarakat Asmat pihaknya mengucapkan terimakasih atas memilih koridor wilayah selatan Indonesia, khususnya Asmat sebagai tujuan dari ekspedisi ini.

“Walaupun waktu tim ekspedisi ini sangat singkat, dan tidak bisaa berbuat banyak. Tapi pertemuan ini bukan terakhir, tetapi jalan menuju yang lebih baik. Sehingga diharapkan setelah ini akan ada kelanjutan dari program ini ke Kabupaten Asmat,”tutur Bupati.

Melalui kunjungan ini, pihaknya meminta kepada tim ekspedisi untuk menjelaskan dan memberitahukan kepada semuanya, baik di dalam maupun luar negeri untuk tidak takut datang ke Asmat.

“Kami sangat terbuka dengan siapapun. Ini karena, kami juga ingin maju seperti daerah lain. Dalam arti, berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Sehingga masih butuh dukungan dari semua pihak, agar Asmat ini lebih dikenal sampai belahan bumi lainnya,”ungkap Bupati. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat