Informasi

Kemensos Alokasikan PKH Bagi 13.000 KK di Asmat

Kemensos Alokasikan PKH Bagi 13.000 KK di Asmat

 

Kepala Dinas Sosial Kab. Asmat, Amir Makhmud.Kepala Dinas Sosial Kab. Asmat, Amir Makhmud.
 

ASMAT | Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mengalokasikan dana Program Kelaurga Harapan (PKH) untuk 13.000 lebih kepala keluarga (KK) di Kabupaten Asmat pada tahun 2018. 

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asmat, Amir Makhmud mengatakan, pihaknya sedang melakukan validasi data keluarga penerima manfaat (KPM) PKH di kabupaten itu. Data keluarga penerima akan dikirim ke Kemensos yang selanjutnya akan merealisasikan program tersebut.

 

“Sasaran PKH untuk Asmat 13 ribu lebih. Kami sedang divalidasi. Untuk Agats sendiri baru sekitar 300 KK yang terdata,” kata Amir di ruang kerjanya, Selasa (15/5).

 

Disebutkan, untuk Kabupaten Asmat data yang sudah divalidasi secara keseluruhan sebanyak 3.000 kepala keluarga. Nilai atau anggaran program untuk 13 ribu lebih KK di Asmat sebesar Rp27 miliar lebih.

 

Ia menerangkan, program keluarga harapan diperuntukkan khusus bagi pelajar dari jenjang sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Penerima manfaat mendapat bantuan dana sebesar Rp500 ribu per tiga bulan.

 

“Dalam setahun, anak sekolah memperoleh Rp2 juta, itu masuk ke rekening mereka. Saat ini validasi masih dilakukan oleh pendamping PKH di distrik dan kampung,” katanya.

 

Seiring pendamping PKH melakukan pendataan di lapangan, kata Amir, pihaknya mengirim data-data KPM yang sudah divalidasi ke Direktorat Keluarga Kementerian Sosial untuk selanjutnya divalidasi kembali.

 

“Data itu nanti masuk di Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial. Setelah itu baru dananya disalurkan kepada penerima manfaat,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, masyarakat di kabupaten itu meresponi program pemerintah pusat dan memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang sudah memfasilitasi program tersebut untuk masyarakat.(Seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat