Informasi

Kementerian PUPR Survei Lahan Pertanian di Asmat

Kementerian PUPR Survei Lahan Pertanian di Asmat

Muh.Iqbal Muh.Iqbal
 

ASMAT | Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat, Muhammad Iqbal mengatakan, Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membuka lahan pertanian di Asmat pada 2018 mendatang.

Saat ini kata Iqbal pihak Kementerian PU-PR sedang mensurvei sejumlah lokasi untuk dijadikan lahan pertanian dimaksud. Kajian tersebut berkaitan dengan ketersediaan lahan, ketersediaan air dan faktor penunjang lainnya. Jika lokasi sudah ditetapkan, selanjutnya Kementerian Pertanian akan membuka lahan pertanian.

“Kementerian PU-PR survei ketersediaan lahan. Mereka mempersiapkan sekitar 3.500 hektar, lalu melakukan kajian untuk pengairan dan mempersiapkan irigasinya. Sementara Kementerian Pertanian membuka lahan, penyediaan bibit dan mekanisasi, ” kata Iqbal, Senin (13/11).

Beberapa distrik yang dilirik dan berpotensi untuk pertanian, di antaranya Distrik Awyu, Distrik Derkormur, Distrik Pantai Kasuari dan Distrik Fayit. “Soal mencukupi atau tidak, nanti tunggu hasil survei,” katanya.

Iqbal mengaku rencana pembukaan lahan seluas kurang lebih 3.500 hektar pada tahun 2018 termasuk dalam skala besar untuk Kabupaten Asmat. Oleh karena itu, perlu dukungan teknologi yang memadai seperti ketersediaan irigasi (longstrorit, drainase, embung), alat pertanian (mekanisasi) dan faktor penunjang lainnya.

“Dengan dukungan teknologi itu, harapan kita, lahan-lahan berpotensi yang tidak tergarap nantinya bisa digarap,” tuturnya.

Menurut Iqbal, lahan seluas 3.500 hektar tersebut tidak hanya fokus pada tanaman pangan. Sangat dimungkinkan juga untuk pengembangan peternakan, perkebunan dan komoditas pertanian lainnya.

“Dan mungkin tidak sekaligus 3.500 digarap, tapi bertahap. Mungkin dikembang dulu 100-200 hektar, karena ini menyangkut dengan SDM petani lokal. Jumlah masyarakat kita yang bekerja di lahan pertanian masih terbatas. Berbeda dengan daerah lainnya,” kata dia. (NT/SP)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat