Informasi

Ketua FAR Kuatirkan Tes Komputer Pendamping ADD

Ketua FAR Kuatirkan Tes Komputer Pendamping ADD 

SAPA (ASMAT) – Ketua-Ketua Forum Adat Rumpun (FAR) Kabupaten Asmat, mengaku sangat kuatir dengan putra-putri asli Asmat tidak terakomodir sebagai tenaga pendamping Alokasi Dana Desa (ADD). Kekuatiran para Ketua-Ketua FAR ini berkaitan dengan penerimaan tenaga pendamping ADD yang melalui tes ketrampilan menggunakan komputer.

“Saya sangat kuatir melihat tes penerimaan tenaga pendamping ADD, yang harus  harus menggunakan komputer. Ini karena, anak-anak asli Asmat bisa terakomodir atau tidak. Padahal, ini kesempatan anak-anak asli Asmat yang tidak terakomodir sebagai tenaga honor dan PNS bisa menjadi tenaga pendamping ADD,” kata Ketua FAR Betcmbub, Daniel Yomes sambil menyaksikan tenaga-tenaga pendamping ADD di Aula Widyata Mandala Dinas Pendidikan yang bersebelahan dengan Kantor Badan Kesbangpol sedang melakukan tes computer terhadap tenaga pendamping ADD, di Jew Asmat (Kesbangpol), Sabtu (22/4) siang.

Menanggapi kekuatiran Ketua-Ketua Far itu, beberapa tenaga pendamping asli Asmat yang berhasil diwawancarai media ini mengaku, bisa menerima kekuatiran para Ketua-Ketua FAR itu. Namun, mereka mengatakan, bekerja dengan menggunakan komputer itu bagi anak-anak asli Asmat tidak kalah hebat dengan ana-anak dari daerah lain.

“Bekerja dengan komputer saat ini bukan barang mewah. Dan siapa saja, termasuk anak asli Asmat sudah biasa menggunakan komputer. Kecuali ditanyai kami punya komputer atau laptop, ya mungkin kami tidak punya,” kata Magda dengan rekan-rekannya serempak kepada media ini di seputar Aula Widyata Mandala Dinas Pendidikan Asmat sambil menunggu panggilan panitia mengetes kemampuan bekerja menggunakan computer, Sabtu (22/4) siang.

Dari pantauan Salam Papua, proses perekrutan tenaga pendamping ADD tahun anggaran 2017 di Kabupaten Asmat, hari pertama, Jum’at (21/4) peserta tes pendamping ADD mengikuti tes tertulis dan wawancara. Hari kedua, Sabtu (22/4), mereka menjalani tes bekerja menggunakan komputer. (Sergi)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat