Informasi

Kontrol Pengunaan ADD, Bupati Kunjungi 23 Kampung

Asmat – Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu, S.Sos mengunjungi 23 kampung di tiga Distrik untuk melihat langsung pengunaan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I tahun 2016.

Dari kunjungan itu Bupati melihat secara langsung pembangunan yang dilakukan sesuai keinginan masyarakat. Pembangunan itu meliputir umahwarga, jalan dan rumah mesin tenaga listrik.

Monitoring ADD yang dilakukan bupati dimulai dari Distrik Der Koumur, Distrik Pantai Kasuari dan Distrik Safan dilakukan selama tiga hari. Dalam kunjungan kerjanya itu bupati meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan ADD secara baik. Tambah bupati, dana sebesar 800 juta itu digunakan sesuai kebutuhan masyarakat,” gunakan dana itu sesuai skala prioritas. Jadi, dana itu digunakan untuk kepentingan umum,” ujar bupati.

Selain soal pengunaan ADD, dalam kunjungannya kali ini, bupati juga banyak menekankan kepada masyarakat terkait pentingnya pendidikan, selain pembangunan infrastruktur.“ anak anakdi kampong wajib sekolah. Dengan bersekolah dapat merubah kehidupan,” pinta bupati.

Dalam kunjungan itu juga banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat, terutama masalah pendidikan di kampung-kampung. Pendidikan di sejumlah kampong bahkan tidak ada proses belajar mengajar,” anak-anak disini sudah beberapa bulan tidak belajar, guru tidak ada,” ungkap seorang warga ketika bertatap muka dengan bupati.

Menanggapi keluhan masyarakat, Bupati Asmat menegaskan pendidikan di kampong akan menjadi barometer. Pemerintah tengah berupaya memcari solusi untuk menangani pendidikan di kampung-kampung. ”Kita masih memferivikasi data tenaga pendidikan, para tenaga pendidik ini telah diverifikasi, nantinya akan bertugas di kampung, dan jika mereka tidak menjalankan tugas maka ada sangsinya,” tegas bupati.(ELGO)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat