Informasi

Pelaksanaan UNBK di Asmat Terkendala Jaringan Internet

Pelaksanaan UNBK di Asmat Terkendala Jaringan Internet 

Ilustrasi

 

ASMAT – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Asmat masih terkendala dengan jaringan internet. Meski demikian, Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat tepat berupaya untuk melaksanakan UNBK tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun ini, dengan menyiapkan satu sekolah.   

 

"Untuk UNBK karena di Kabupaten Asmat sangat terkendala dengan jaringan internet sehingga dari distrik sampai di kota Asmat semuanya difokuskan di satu sekolah. Namun,untuk sekolah yang akan menjadi tempat pelaksanaan UNBK belum diputuskan. Hal ini akan dibahas baru diputuskan,"kata Kabid Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Matheus. Metemko, S.Pd saat ditemui di ruang kerjanya,Sabtu (28/1). 

 

Ia menyebutkan, ada salah satu sekolah yang dinilai dapat digunakan sebagai tempat pelaksanaan UNBK yaitu, SMP YPPK. Namun, Kantor Dinas Pendidikan juga menjadi salah satu tempat alternatif. Pasalnya, di kantor dinas tersebut memiliki fasilitas seperti komputer dan jaringan internet.

 

"Saat ini ada dua tempat yang akan dilakukan UNBK tingkat SMP. Diantaranya SMP YPPK dan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat,” ujarnya.

 

Ia berharap kedepannya, semua sekolah di Kabupaten Asmat dapat melaksanakan UNBK. Pasalnya, Bupati Elisa Kambu, S.Sos dan Wakil Bupati Thomas E Safampo, ST mempunyai komitmen untuk memajukan pendidikan di daerah ini. Sebab berdasarkan data yang ada di Kementerian Pendidikan khususnya Papua, tingkat pendidikan di Kabupaten Asmat masih terendah.

 

"Ini membuat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asmat yang sekarang mempunyai komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan baik dari kualitas guru,sarana prasarana sekolah. Ini yang saat ini dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Asmat," katanya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat