Informasi

Pembangunan Ruang Tunggu Pelabuhan Feri Asmat Dikebut

Pembangunan Ruang Tunggu Pelabuhan Feri Asmat Dikebut

Kepala Bidang Perhubungan Darat Maichel Womsior

 

ASMAT – Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tengah melakukan pembangunan ruang tunggu Pelabuhan Kapal Feri Asmat. Pembangunan ruang tunggu terus dikebut atau dipercepat, agar bisa selesai pada tahun ini.

 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Yafu Kani Kwaito,SE,. MM melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat Maichel Womsior.

 

Kata dia, untuk pembangunan ruang tunggu ini sudah dimulai pada 2016 kemarin. Namun karena adanya keterlambatan material bangunan, maka dilanjutkan di 2017 ini. Karenanya, saat ini pelaksanaan pembangunan tengah dikerjakan, sehingga bisa selesai di tahun ini juga.

 

“ Diperkirakan ruang tunggu Pelabuhan Kabupaten Asmat baru bisa difungsikan pada 2017 ini,” kata Maichel saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya, Kamis (26/1).

 

Ia menjelaskan, pembangunan pembangunan ruang tunggu Pelabuhan tersebut menghabiskan anggaran mencapai Rp2 miliar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Asmat.

 

Lanjutnya, dan pembagunan ruang tunggu tersebut akan dipergunakan penumpang kapal speed atau perahu, yang menghubungkan ke distrik dan kampung di wilayah Kabupaten Asmat.

 

"Untuk speed dan perahu susun akan menggunakan Pelabuhan Feri. Sementara kapal putih,  akan mengunakan pelabuhan besar,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, dengan adanya ruang tunggu ini, maka diharapkan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Asmat. Ini karena, perahu-perahu yang bersandar di pelabuhan tersebut akan dipungut biaya sebesar Rp5 ribu.

 

" Kami yakin ruang tunggu ini nanti akan bisa menambah PAD. Karenanya, pembangunan ruang tunggu ini diselesaikan tahun ini juga,” ungkapnya.(Sapa) 

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat