Informasi

Pemilihan Anggota MRP di Asmat Semarak

Pemilihan Anggota MRP di Asmat Semarak

 

Ruland Yembise

 

ASMAT – Gaung pemilihan anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) di Kaupaten Asmat sangat marak. Di tempat-tempat ramai dan sudut-sudut Pusat Ibu Kota Asmat terpasang berbagai spanduk. Spanduk-spanduk pemilihan anggota MRP ini tidak kalah semarak dengan Pilkada.

 

“Kami berharap dengan strategi seperti itu. Masyarakat ikut berpartisipasi aktif, terutama FAR-FAR (Forum Adat Rumpun) mengikuti tahapan pemilihan anggota MRP Dapil Asmat sesuai tahapan dan jadwal,” kata Kepala Badan Kesbangpol Asmat, Ruland Yembise, S.Sos, M.Si menjawab media ini ketika meminta data tahapan pemilihan dan jadwal pentahapan pemilihan anggota MRP Dapil Asmat, di Kesbangpol (19/4) siang.

 

Dari data yang dihimpun media ini, pengumuman, pengambilan formulir bakal calon dan pendaftaran bakal calon terhitung dari 18 April sampai dengan 5 Mei 2017 atau selama 14 hari. Sementara ferifikasi bakal calon dan penetapan calon akan berlangsung dari tanggal 8 Mei 2017 sampai dengan tanggal 12 Mei 2017, itu dilaksanakan 7 hari kerja.

 

Tahap berikutnya, kata Ruland, panitia akan  memilih wakil adat dan wakil perempuan tingkat Kabupaten/Kota dengan tahapan, pemilihan tahap I, penetapan tahap I dan penyampaian hasil penetapan kepada panitia pemilihan tingkat gabungan Kabupaten/Kota akan berlangsung dari 15 Mei 2017 sampai dengan 23 Mei 2017, agenda untuk ini 5 hari kerja.

 

“Itu tahapan-tahapan yang akan dilakukan oleh panitia. Makanya saya sangat optimis tahapan pemilihan anggota MRP di Asmat akan jalan sesuai jadwal dan pasti sukses,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan tahap terakhir itu, pemilihan wakil adat dan wakil perempuan tingkat Kabupaten/Kota. Mekanismenya pemilihan tahap II, penetapan hasil pemilihan tahap II dan penyampaian hasil penetapan kepada Panitia Pemilihan Tingkat Propinsi untuk ditetapkan menjadi anggota terpilih, itu akan dilaksanakan dari tanggal 24 Mei 2017 sampai dengan 26 Mei 2017 atau 3 hari kerja. “Itu mekanisme pemilihan anggota MRP kali ini,” ujarnya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat