Informasi

Pemkab Asmat akan Tingkatkan Pembangunan Bandara Ewer

Pemkab Asmat akan Tingkatkan Pembangunan Bandara Ewer


Kepala bidang perhubungan Udara Ambo Asse M,ST

 

ASMAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat di tahun anggaran 2017 ini berencana akan melakukan peningkatan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Ewer. Salah satu peningkatan yang akan dilakukan adalah pembangunan pada runway bandara, dengan cara melakukan pengaspalan, serta pembongkaran tingkat baja sepanjang 30 x 60 meter.

 

“Sebenarnya pada 2016 telah dilakukan pengaspalan bandara. Namun karena pekerjaan tersebut belum selesai, dimana ketinggian runway belum mencapai 12 centimeter, maka dilanjutkan di 2017 ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat Yafu Kani Kwaito,.SE,. MM melalui Kepala bidang perhubungan Udara Ambo Asse M,ST saat ditemui di ruang kerjanya,Kamis (26/1).

 

 

Ia mengatakan, pengaspalan runway ini bertujuan, agar pesawat dengan jenis ATR 72 dan 74 bisa masuk ke Bandara Ewer. Dan rencananya, sampai akhir 2017 atau awal 2018 nanti, pengaspalan runway ini sepanjang 1230 meter.

 

“ Dengan pengaspalan runway bandara ini, maka pesawat jenis ATR 72 dan 74 bisa masuk. Sehingga masyarakat bisa merasakan pelayanan penerbangan lebih optimal,” tuturnya.

 

Kata dia, selain pembagunan runway  bandara, pihaknya juga akan melakukan perbaikan pada sisi darat, mulai dari ruang tunggu, x-ray, dan fasilitas penunjang lainya. Ditambah dengan pengerjaan drainase, baik di samping kiri dan kanan. Hal ini bertujuan, agar luapan air bisa dapat disalurkan dengan baik, sehingga bandara tersebut tidak tergenang air. 

 

“ Anggaran yang digunakan untuk pembagunan bandara dan tingkat baja, dialokasikan dari dana APBD. Sementara untuk fasilitas sisi darat bersumber dari APBN. Ditambah dengan dari APBD Provinsi Papua, untuk penambahan pembangunan bandara sepanjang 400 meter,” terangnya.

 

Ambo menambahkan, pada 2016 kemarin, sebenarnya pihaknya merencanakan pembangunan talud. Namun hal itu tidak jadi dilakukan, karena menunggu penyelesaian pembangunan runway terlebih dahulu. 

 

" Pembangunan talud sementara kami tunda, karena ditakutikan terjadi pembongkaran talud disaat pembangunan runway tersebut. Sehingga menjadi sia-sia apa yang kita bangun,” ungkapnya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat