Informasi

Pemkab Asmat Bantu Korban Gempa di Lombok

Pemkab Asmat Bantu Korban Gempa di Lombok

Bupati Asmat Elisa Kambu saat menyerahkan secara simbolis bantuan untuk korban gempa kepada Sekda Lombok Utara Drs H Suardi. (Foto: Humas Asmat)
 

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Asmat ikut membantu penanganan gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dengan memberikan bantuan kepada korban di Kabupaten Lombok Utara, Sabtu (1/9/2018).

 

Hal ini berdasarkan instruksi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menyurati gubernur, wali kota, dan bupati di seluruh Indonesia untuk ikut membantu penanganan gempa yang terjadi di Lombok.

 

Pemkab Asmat dalam membantu penanganan gempa Lombok menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD 2018 pada Dinas Sosial.

 

Bantuan yang diberikan Pemkab Asmat berupa beras 7,5 ton, 300 terpal berbagai ukuran, pampers anak 150 karton, selimut 500 lembar, dan tong air 44 buah.

 

Bantuan diserahkan langsung Bupati Asmat Elisa Kambu dan diterima Sekda Lombok Utara Drs. H. Suardi, di gudang logistik Kantor Bupati Lombok Utara.

 

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, gempa yang terjadi di Lombok merupakan duka Indonesia. Sebagai anak bangsa tentu ikut merasakan apa yang dirasakan warga Lombok.

 

Mendengar gempa terjadi di Lombok, yang pertama dilakukan pemerintah Asmat bersama masyarakat hanyalah bisa berdoa, semoga warga yang terkena gempa bisa diberikan kekuatan.

 

"Setelah kita mendengar gempa ini, kami kemudian berdoa semoga mereka yang disini  diberi kekuatan untuk bisa melewati apa yang mereka alami," kata Elisa didampingi Kepala Dinas Sosial Asmat, Amir Makhmud.

 

Menurut Elisa, bantuan yang diserahkan tidaklah seberapa, tetapi ia berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban warga dan juga pemerintahan Lombok Utara. 

 

Sebab, setelah melihat langsung kondisi pasca-gempa, maka yang diperlukan warga saat ini adalah tempat untuk berteduh.

 

Untuk itu, bantuan yang diberikan ini berupa terpal, selimut, pampers anak, tong air dan beras.

 

"Saya putar- putar tadi saya ada lihat terpal-terpal yang sangat kecil sekali, sehingga kami membantu ada terpal, tempat penampungan air, popok untuk anak kecil ada beras dan selimut karena mereka tidur di alam terbuka," ujar dia. 

 

Elisa meyakini, keadaan ini bisa segera diatasi dan masyarakat bisa kembali bangkit serta hidup seperti dahulu.

 

"Saya percaya bahwa keadaan ini tdak akan lama, ini semua akan pergi berkat kehadiran semua pihak," ujar dia.

 

Sekda Lombok Utara Drs. H. Suardi menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintahan dan masyarakat Asmat yang telah membantu warga Lombok dalam mengahadapi musibah ini.

 

"Pemerintah Lombok Utara berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Asmat dan jajarannya. Sebab apa yang kita rasakan ikut dirasakan juga," kata dia.

 

Bantuan yang diberikan ini, menurut dia, sangat membantu pihaknya, karena bantuan seperti terpal, selimut, tong air, pempers dan beras sangat dibutuhkan warga.

 

"Sekarang ini yang kami harapkan bagaimana masyarakat kami bisa melupakan ini, sehingga
 kita bisa membangun kembali  dengan semangat untuk menuju hal yang lebih baik," pungkas dia. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat