Informasi

Pemkab Asmat Lanjutkan Pembangunan Jalan Beton di Tiga Distrik

Pemkab Asmat Lanjutkan Pembangunan Jalan Beton di Tiga Distrik

Salah satu bangunan jalan beton di Distrik Atjs. Salah satu bangunan jalan beton di Distrik Atjs.
 

ASMAT I Pemerintah Kabupaten Asmat, Papua, kini mulai menyasar distrik-distrik luar ibukota Agats untuk meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan papan dengan konstruksi beton dan komposit.

Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Asmat, Maruba mengatakan, tahun ini dilakukan pembangunan jalan beton pada 11 titik dan dua titik jalan komposit di tiga distrik, yaitu Distrik Atsj, Fayit dan Suator.

"Diantaranya Jalan Zegward sepanjang 58 meter dengan lebar 4 meter. Ke depannya, kita akan tetap melakukan peningkatan secara bertahap di lokasi lainnya," kata Maruba di Asmat, Kamis (5/10).

Maruba mengemukakan, pemerintah setempat perlahan-lahan mengubah jalan dan jembatan dengan konstruksi beton dan komposit sejak tahun 2007 silam, dimulai dari Kota Agats saat masih berstatus sebagai distrik Kabupaten Merauke.

Menurutnya, pembangunan jalan dan jembatan dengan hanya menggunakan kayu besi, berdampak pada menipisnya hutan sekitar jika terus dilakukan penebangan massal.

Pembangunan jalan dan jembatan tersebut, kata Maruba, dianggarkan secara bertahap dari APBD didukung  Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Kementerian PU-PR dan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

"Jadi pembangunan jalan dan jembatan beton tidak hanya di Distrik Agats saja. Kita mulai meningkatkan pembangunan jalan dan jembatan beton di semua distrik, sekarang di tiga distrik," jelasnya.

Ia mengatakan, peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan telah direncanakan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang merupakan program lima tahunan kepala daerah.

"Rencana selama lima tahun tersebut, pembangunan jalan dan jembatan (komposit dan beton) dilaksanakan secara bertahap tiap tahunnya,” kata dia.

Adapun pada tahun anggaran 2016 lalu, proyek pembangunan jalan dan jembatan komposit menyasar 11 titik, diantaranya Jalan Dendew sepanjang 276 meter dan Jalan Dolog sepanjang 204 meter.

Selain itu, di 2016 dilaksanakan proyek peningkatan jalan berknstruksi beton pengganti kayu besi di sekitar 15 titik, salah satunya pembangunan jalan dan jembatan Flor Rumlus sepanjang 81 meter.

"Total jalan komposit yang telah dikerjakan adalah sepanjang 6.594 kilometer dan jalan beton sepanjang 11.266 kilometer. Sementara jalan dan jembatan kayu dengan volume 810.368 kilometer," pungkasnya. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat