Informasi

Pemkab ASMAT Prioritaskan Putra Daerah Masuk Sekolah Asrama

Pemkab ASMAT Prioritaskan Putra Daerah Masuk Sekolah Asrama

Bupati Asmat, Elisa Kambu Bupati Asmat, Elisa Kambu
 

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat membangun sebuah sekolah berpola asrama untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Distrik Agats. Sekolah satu atap pola asrama ini dikhususkan bagi putra-putri orang asli Asmat.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan, ia telah meminta kepada Dinas Pendidikan agar dalam perekrutan siswa di sekolah tersebut lebih mengutamakan putra daerah. Sekolah yang dinamakan SMP 3 itu bakal menjadi sekolah unggulan di Asmat.

“Kita mau jadikan SMP 3 ini sebagai sekolah unggulan. Penanganannya nanti secara khusus, sehingga outputnya nanti benar-benar melahirkan generasi Asmat yang siap berkompetisi di jenjang pendidikan selanjutnya,” kata Elisa Kambu, Senin (13/11).

Ia berharap, sekitar 80 persen putra daerah dapat mengenyam pendidikan di SMP 3 Agats. Meski begitu, sambung Elisa Kambu, seleksi penerimaan siswa tetap akan dilakukan secara terbuka sehingga anak-anak non Papua juga bisa masuk sekolah tersebut.

“Hanya kuota untuk anak-anak luar mungkin sekitar 20 persen. Kita memprioritaskan anak-anak asli Asmat. Kita harap sekolah ini bisa mencetak generasi yang cerdas. Biar nanti mereka bisa melanjutkan pendidikan di sekolah-sekolah yang berkualitas, dan berkompetisi di sana,” katanya.

Bupati Asmat mengatakan, di sekolah satu atap itu akan diterapkan pendidikan terintegrasi. Di mana usai mengikuti pelajaran di sekolah, ada pelajaran ekstra yang akan diperoleh siswa saat di asrama, termasuk pembinaan bakat.

Elisa Kambu menambahkan, pemerintah Asmat mencatat ada sekitar 1.800 pelajar dan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di berbagai sekolah dan perguruan tinggi di sejumlah daerah. Pemerintah memberikan dukungan berupa bantuan studi dan sebagainya.

“Tapi kita belum ketahui persis berapa pelajar-mahasiswa orang asli Asmat, dan yang non Papua. Selama ini pemerintah memberikan dukungan berupa beasiswa. Lalu kita juga bekerja sama dengan Bank Papua untuk penyaluran bantuan studi melalui Kartu Asmat Pintar,” tandasnya. (NT/SP)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat