Informasi

Pemkab Asmat Siapkan Generasi Emas

Pemkab Asmat Siapkan Generasi Emas

Pemkab Asmat Siapkan Generasi Emas
 

ASMAT I Pemerintah Kabupaten Asmat, Papua tahun ini melaksanakan Program Pemberian Makanan Bagi Anak Sekolah (PMAS) di 23 Distrik yang ada di kabupaten tersebut. Tidak tanggung-tanggung, dana yang dialokasikan untuk program itu mencapai lebih dari Rp 24 Miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Donatus Tamot menjelaskan, program ini bertujuan agar dapat meningkatkan angka asupan gizi khususnya anak usia sekolah guna menciptakan generasi emas.

Program ini juga merupakan lanjutan dari program Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Asmat guna memberikan kebutuhan gizi bagi anak Ibu Hamil dan Balita.

“Program 1000 HPK lebih diarahkan pada bidang kesehatan, dimana pemberikan asupan gizi dimulai dari ibu Hamil. Jadi sejak anak masih dalam kandungan, ibunya sudah kami berikan makanan bergizi sehingga akan memberikan dampak baik terhadap anak di dalam kandungan” jelasnya.

“Sementara untuk program PMAS ini lebih diarahkan pada bidang pendidikan. Teknisnya dua program ini dilaksanakan oleh dua SKPD, yaitu untuk 1000 HPK dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, sementara PMAS dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, bersinergi” ungkap Donatus.

Lanjut dia, PMAS akan menyasar anak sekolah dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Sementara 1000 HPK untuk ibu hamil hingga anak dilahirkan sampai berusia 1000 hari.

“Dananya sudah ditransfer ke rekening setiap sekolah totalnya sekitar Rp. 24 Miliar lebih. Pada tahap kedua kami rencanakan naiknya angkanya pada APBD Perubahan 2017. Sehingga yang dulunya pemberikan makanan bergizi ini dilaksanakan 4 kali sebulan, kini menjadi 20 kali dalam sebulan” tutur Donatus.

Program Pemberian Makanan Bagi Anak Sekolah (PMAS) diluncurkan Bupati Asmat, Elisa Kambu pada 10 Juni lalu. Program ini ditujukan untuk 24 PAUD, 17 TK dan 35 SD yang ada di 23 Distrik di Kabupaten Asmat.

Program ini mengacu kepada Perbup nomor 30 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program 1000 HPK dan PMAS. Tujuannya adalah menciptakan generasi yang lebih sehat, cerdas dan kompetitif Kabupaten Asmat. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat