Informasi

Pemkab Asmat Sosialisasikan Pedoman Umum Penyusunan APBD 2017


SAPA (ASMAT) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asmat menggelar sosialisasi pedoman umum penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun Anggaran 2017, di Gedung Ja Asamanam Apcamar, Kota Agats, Kamis (27/10).

Sosialisasi yang diikuti Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD ini, dibuka  Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo, ST.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) mengatakan, sosialisasi penyusunan APBD tahun anggaran 2017 memiliki makna stategis untuk langkah awal penyusunan APBD 2017.

Sehingga, lewat sosialisasi ini, dirinya mengajak kepada mereka yang hadir  turut serta membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah yang di awali dengan penyusunan APBD desentralisasi keuangan daerah, sebab ini merupakan amanah reformasi dibidang otonomi daerah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

 “Dengan berbagai regulasi yang ada, pengelolaan keuangan daerah dimaksudkan agar sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah, mulai dari penyusunan dan perencanaan, pelaksanaan dan penatausahaan, akutansi dan pelaporannya semaksimal mungkin berorientasi kepada kepentingan publik pertumbuhan ekonomi dan peningkatan infrastruktur,” harap Wabup.

Menurut Wabup, pedoman penyusunan APBD 2017 dapat di tetapkan lebih cepat dibandingkan tahun 2016 . Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bagi SKPD, Sekretariat Daerah, dan Sekretariat Dewan dalam penyusunan APBD  2017 yang sudah dimulai pada minggu pertama bulan oktober 2016.

Sehubungan dengan hal dimaksud, Wabup meminta perhatian bagi semua pihak agar, yang pertama dapat memperhatikan jadwal dan tahapan proses penyusunan pembahasan serta penetapan APBD tahun anggaran 2017, dan secara subtansial APBD diorentasikan pada upaya pemenuhan kepentingan masyarakat

Kedua,  penyusunan program dan kegiatan harus berpedoman pada pemenuhan target RPJMD tahun 2016-2021,renstra SKPD tahun 2016-2021, serta RKPD tahun 2017 dengan memperhatikan skala prioritas program pembangunan daerah dan kemampuan keuangan daerah.

Ketiga, dalam pembahasan program dan kegiatan agar memperhatikan sinkronisasi program rencana kerja pemerintah, rencana kerja pemerintah provinsi dan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2017.

Keempat, pastikan anggaran yang didedikasikan untuk rakyat benar-benar berjalan secara efesien dan dijaga dengan penuh integritasm sehingga berjalan efesien.

Kelima, perencanaan program dan kegiatan benar-benar dihitung secara rasional dengan memperhatikan satuan biaya masukan tahun 2017, dan hindari pemborosan pembiayaan yang tidak terukur secara rasional

Keenam, ubah mindset money follow function dan money follow organization menjadi money follow programme priority.

Ketujuh, penyederhanaan nomenklatur anggaran agar lebih jelas to the point dan tidak absurd disesuaikan dengan perangkat daerah yang baru tahun 2017.

Kedelapan, anggaran pendidikan, kesehatan dan infrastruktur secara bertahap harus diperbesar sesuai target RPJMD tahun 2016-2021.

“Kesembilan, tahapan penyusunan APBD tahun 2017 yang sudah dituangkan dalam pedoman umum, salah satunya syarat yang harus dipenuhi oleh SKPD pada saat pembahasan agar dilaksanakan secara internal bersama TAPD dapat dilaksanakan hari selasa tanggal 1 november 2016 sampai dengan selesai,” tutup Wabup.(Red)
Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat