Informasi

Pemkab Asmat Targetkan 2019 Pesawat ATR Mendarat di Bandara Ewer

Pemkab Asmat Targetkan 2019 Pesawat ATR Mendarat di Bandara Ewer 

Bandara Ewer
 

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Asmat menargetkan akhir tahun 2019 pesawat jenis ATR bisa mendarat di Bandara Ewer. 

 

Menurut Bupati Asmat Elisa Kambu, sebenarnya tahun ini pihaknya berencana akan mengujicoba pendaratan pesawat ATR dari salah satu maskapai penerbangan. 

 

Hanya saja, pihak maskapai menginginkan adanya fasilitas pemadam kebakaran yang menurut dia, pihaknya belum bisa menyanggupinya. 

 

"Jadi kami target pesawat ATR bisa mendarat di Bandara Ewer pada akhir tahun 2019 setelah semua fasilitas selesai," kata Elisa, akhir pekan lalu. 

 

Dijelaskan dia, panjang landasan Bandara Ewer 1.100 meter. Pihaknya menargetkan panjang landasan mencapai 1.600 meter sehingga pesawat jenis ATR bisa beroperasi ke wilayah Asmat. 

 

Sebab, saat ini pesawat berjenis caravan saja yang beroperasi di wilayah Asmat. 

 

Untuk menambah panjang landasan Bandara, kata dia, tahun ini pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 27.000.000.000.

 

Selain itu, pemerintah setempat juga mendapat bantuan dari pemerintah Provinsi Papua melalui dana infrastruktur otonomi khusus (otsus) sebesar Rp 40.000.000.000.

 

Besaran anggaran tersebut hanya untuk menambah panjang landasan 400 meter. Sehingga tahun 2019, pemerintah setempat akan mengalokasikan anggaran untuk menambah 100 meter lagi. 

 

"Alokasi anggaran tahun ini hanya untuk 400 meter. Jadi, tahun depan kita anggarkan lagi untuk tambah 100 meter sehingga panjang landasan ini bisa 1.600 meter," ujar dia. 

 

Sedangkan untuk pemerintah pusat, menurut dia, membantu pembangunan fasilitas Bandara Ewer, seperti terminal dan apron serta fasilatas penunjang lainnya.

 

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Pusat agar pembangunan Bandara Ewer bisa segera terselesaikan dan pesawat jenis ATR bisa mendarat. 

 

"Jadi kami hanya membangun run way (landasannya), sedangkan pemerintah pusat bantu bangun fasilatas lainnya," tutur dia.(seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat