Informasi

Pertama Kali, Lima Anak Asmat Masuk Pendidikan TNI-AD

 Pertama Kali, Lima Anak Asmat Masuk Pendidikan TNI-AD

Ilustrasi

 

SAPA (TIMIKA) -  Lima putra terbaik dari Asmat dinyatakan lulus seleksi penerimaan Tantama TNI-AD gelombang pertama tahun 2017.

 

Menurut Pasi Pers Kodim 1707/ Merauke, Kapten Inf. Beben Sinurat, kelima putra Asmat tersebut diantaranya, Geradus Aamonpin, Yohakim Bes, yang berasal dari Distrik Sawaerma, dan Yosep Capimbi, Alfonsius Kambe, serta Damianus Aman yang berasal dari Distrik Agats.

 

“Dua dari Distrik Sawaerma dan Tiga dari Distrik Agats,” kata Sinurat ketika dihubungi Salam Papua via selelulernya, Selasa (28/3). 

 

Kelima putra Asmat ini, kini telah memasuki masa pendidikan yang sudah dimulai sejak Senin (27/3), di Rindam Kodam 17 Cenderawasih, Jayapura.

 

Kelimanya, akan mengikuti pendidikan selama Delapan bulan. Dimana, selama Lima bulan akan mengikuti pendidikan dasar, dan Tiga bulan mengikuti pendidikan kejuruan.

 

“Mereka ini akan menjalani pendidikan selama Delapan bulan,” katanya.

 

Kelimanya ini dinyatakan lulus, setelah menempuh berbagai persyaratan. Mulai dari pemeriksaan berkas, Jasmani dan kesehatan pertama di tingkat daerah.

 

Setelah dinyatakan lulus tingkat daerah, selanjutnya kelimanya ini mengikuti tes kesehatan kedua, Jasmani, dan juga Mental Ideologi baik secara tertulis maupun wawancara. “Dilanjutkan dengan Psikologi dan Pantohir,” ucapnya.

 

Sebelumnya ada 17 putra Asmat yang mengikuti seleksi ini, namun 12 dinyatakan tidak memenuhi syarat.

 

“Yang tidak memenuhi syarat ini karena masalah kesehatan,” tuturnya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat