Informasi

Plt Kadisdik Asmat Ajak Tenaga Pendidik Perbaiki Citra Miring Pendidikan

Plt Kadisdik Asmat Ajak Tenaga Pendidik Perbaiki Citra Miring Pendidikan

Guru-guru se-UPTD Distrik Pantai Kasuari sedang berdialog serius dengan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Donatus Tamot, S.Pd, M.Pd

 

 

ASMAT -  Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Donatus Tamot, S.Pd, M.Pd dalam pertemuan bersama guru dan kepala sekolah di ruang rapat SMPN Pantai Kasuari, Sabtu (11/2) malam, mengajak tenaga pendidik, termasuk guru dan kepala sekolah, untuk memperbaiki citra miring pendidikan.

  

“Kami semua telah sepakat untuk perbaiki dan benahi citra pendidikan. Dan saya percaya, apabila semua sepakat, maka akan terjadi perubahan signifikan. Sehingga secara perlahan citra miring tentang pendidikan di wilayah ini pasti hilang,” kata.

 

Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut ada beberapa kesepakatan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) agar berjalan efektif, antara lain rolling guru dan kepala sekolah, supaya terjadi pemerataan guru. Khususnya sekolah-sekolah dasar yang tidak berjalan maksimal. Kemudian, hak-hak guru, seperti pembayaran insentif dan beban kerja melalui kepala sekolah dibayar melalui rekening masing-masing guru. Yang nantinya dikontrol oleh kepala sekolah dan dinas, khususnya memperketat terhadap absen guru-guru.

 

Ia menambahkan, perketatan absen ini, apabila ada guru yang tidak menjalankan tugas, maka beban kerjanya tidak dibayarkan. Namun, apabila ada guru yang sakit, maka masih bisa ditolerir, dengan dibuktikan surat keterangan dokter. Termasuk kejadian istimewa, ada keluarga yang meninggal. 

 

“Kesepakatan tersebut sudah disepakati bersama. Sehingga, apabila terjadi rolling guru dan kepala sekolah tidak ada yang kecewa. Dan saya perlu informasikan, bahwa selesai pelantikan kepala sekolah, Bupati akan bertemu dengan semua kepala-kepala sekolah,” katanya. 

 

Donatus menambahkan, dirinya juga meminta semua kepala TK, SD, dan SMP tidak ada yang lalai mengirim daftar pokok pendidikan (Dapodik). Apabila, ada yang lalai mengirim Dapodik, maka sekolah yang bersangkutan tidak bisa menyelenggarakan ujian tahap akhir. 

 

“Saya ingatkan, tidak boleh terjadi ada sekolah lalai mengirim Dapodik ke Pusat. Termasuk persiapan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah (UN dan US), agar dipersiapkan dengan baik,” pintanya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat