Informasi

Rakor Tim Aju Ekspedisi NKRI dengan Pemkab Asmat

Rakor Tim Aju Ekspedisi NKRI dengan Pemkab Asmat

 

ASMAT - Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu, S.Sos pada Selasa (31/1) memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim Aju Ekspedisi NKRI yang akan memulai kegiatannya pada bulan Agustus. Pertemuan yang berlangsung di  Aula Ja Asamanam Ap Camar dihadiri seluruh pimpinan SKPD, dan perwakilan dari Tim Aju Ekspedisi NKRI  Mayor Inf. Febi Andrianto, serta perwira penghubung Kodim 1707 Merauke.

 

"Selaku pimpinan kepala daerah mewakili masyarakat mengucapkan terimah kasih kepada Tim Aju Ekspedisi NKRI ke Kabupaten Asmat. Kami, terbuka kepada siapa saja yang datang di Asmat. Kami tentunya sangat senang," kata Bupati mengawali pertemuan tersebut. 

 

Kata dia, terkait keperluan kegiatan Tim Aju Ekspedisi NKRI selama tiga bulan akan dibahas bersama dengan SKPD terkait. Yang pasti, Pemkab Asmat akan berusaha menyiapkan tempat tinggal bagi Tim Aju Ekspedisi NKRI.

 

 "Pasti ada tempat kita jamin ada. Tentu dengan kegiatan-kegiatan SKPD berupa pengerjaan fasilitas sarana prasarana bisa juga dikerjakan oleh Tim Ekspedisi nantinya akan dikoordinasikan,” ucapnya.

 

Sementara itu, perwakilan dari Tim Aju Ekspedisi NKRI  Mayor Inf. Febi Andrianto dalam penyampaiannya menjelaskan bahwa, kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun 2011. Untuk tahun 2017, kegiatannya di Papua bagian selatan salah satunya Kabupaten Asmat.

 

Kegiatan yang dilakukan berupa penjelajahan di gunung hutan, karena di Asmat ini ada rawa, sungai dan pantai. Tim peneliti sendiri berasal dari sejumlah diberbagai bidang, diantaranya geologi, flora dan fauna, potensi bencana, kehutanan. 

 

Selain itu, ada juga Tim pengabdian masyarakat yang akan melakukan kegiatan seperti pembersihan, pembagunan fasilitas umum, tempat ibadah dan fasilitas lainnya. Dan juga kegiatan-kegiatan lainnya seperti pengobatan masal dan lain sebagainya. 

 

Untuk pelaksaannya sendiri dari bulan Agustus sampai November dengan  melibatkan sekitar seribu personil, yang dibagi dalam lima wilayah diantaranya Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digul yang mana akan dibagi dua yaitu Asiki dan Miniptana. 

 

“Nantinya dari seribu sekian orang akan dibagi di lima sektoril. Dimana setiap sektor akan ditempatkan seratus delapan puluh sampai dengan dua ratus orang selama tiga bulan,” katanya. 

 

Kegiatan ini melibatkan seluruh Kementerian dan nantinya dari seluruh Kementrian yang ada akan dilebur menjadi satu. Yang mana di satu sektoril akan melibatkan Dinas Kesehatan, Kehutanan, Sosial maupun dinas-dinas terkait. Personil yang dilibatkan dari semua unsur terkait. Personil tersebut melibatkan dari pusat sampai ke daerah. Dimana personil di daerah yang mengetahui daerah geografis setempat. Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan awal,dengan belanja masalah yang ada di Kabupaten Asmat. 

 

"Kita masih lihat apa saja yang akan dilakukan di Kabupaten Asmat di bidang apa saja. Baik dibidang penjelajahan atau pengabdian masyarakat. Saat ini masih secara garis besar yaitu, melakukan pendataan apa saja yang akan dilakukan di Kabupaten Asmat," katanya. (Sapa)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat