Informasi

Satgas Kesehatan TNI KLB akan Bertugas Satu Bulan di Asmat

Satgas Kesehatan TNI KLB akan Bertugas Satu Bulan di Asmat

 
Danrem 174/ATW Merauke Birgjend TNI Asep Setia Gunawan saat memberikan arahan kepada personel Satgas Kesehatan TNI KLB Asmat di Bandara Mozes Kilangin Timika
 

TIMIKA I Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB) yang dikirim Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) ke Asmat akan bertugas selama satu bulan.

“Satgas Kesehatan TNI ini akan bertugas selama satu bulan di Asmat, untuk membantu menanggulangi bencana wabah penyakit campak,” kata Danrem 174/ATW Merauke sekaligus sebagai Dansatgas Penanggulangan KLB Kesehatan di Asmat, Brigjend TNI Asep Setia Gunawan di Bandara Mozes Kilangin, Selasa (16/1).

Kata dia, pengiriman Satgas Kesehatan TNI KLB ke Asmat atas perintah langsung Presiden Joko Widodo dilanjutkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, untuk menangani KLB bidang kesehatan di Kabupaten Asmat, yakni kekurangan gizi dan wabah penyakit campak.

“Dari mabes TNI sudah mengirimkan Satgas Kesehatan TNI yang berjumlah 53 personel. Ditambah dari Kodam XVII/ Cenderawasih dan Korem 174/ATW Merauke yang berjumlah 30 orang,”kata Danrem.

Ia menambahkan, personel Satgas yang dikirim merupakan dokter spesialis, baik dari Mabes TNI, Puskes TNI AD, Diskes AL, dan Diskes AU. Termasuk obat-obatan dan bahan makanan untuk masyarakat, seperti susu, biscuit, dan lainnya.

“Hari ini langsung kami berangkatkan ke Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat, Papua. Sementara untuk barang yang lainnya akan dibawa dengan menggunakan kapal,” ujarnya.

Danrem menjelaskan, untuk operasi kesehatan ini direncanakan akan berlangsung satu bulan dalam beberapa tahapan. Tahap pertama selama 10 hari, dengan melihat perkembangan kondisi yang ada. Kemudian tahap kedua dan sampai dengan satu bulan.

“Satgas yang dikirimkan akan disebar ke seluruh distrik di Kabupaten Asmat. Bupati Asmat dan Kodim sudah menyiapkan speedboat dan heli yang disiagakan untuk mendukung operasi ini,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Satgas Kesehatan TNI KLB yang dikirimkan ke Asmat diberangkatkan dengan menggunakan Pesawat Hercules A-1326 dari Bandara Lanud Halim Perdanakusuma dan tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, pada Selasa (16/1).

Kedatangan Satgas Kesehatan TNI KLB yang diketuai Kolonel CKM dr Sri Harto disambut langsung oleh Danrem 174/ATW Merauke sekaligus sebagai Dansatgas Penanggulangan KLB Kesehatan di Asmat, Brigjend TNI Asep Setia Gunawan didamping Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Windarto, Danlanud Timika Letkol Pnb Mateo Datau, Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yosafat Indarto, dan Dansatrad 234 Timika, Letkol Lek Rani Partono. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat