Informasi

Sejumlah Dermaga di Asmat Bakal Diperbaiki

Sejumlah Dermaga di Asmat Bakal Diperbaiki

 

Salah satu dermaga kapal cepat yang berada di Distrik Agats.Salah satu dermaga kapal cepat yang berada di Distrik Agats.
 

ASMAT | Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Asmat bakal memperbaiki sejumlah dermaga pelabuhan rakyat (Pelra) di Kabupaten Asmat. Tahun ini, Dishub Asmat memprogramkan rehabilitasi dermaga di Distrik Sawa Erma.

 

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat, Pieter Dallung mengatakan, perbaikan dermaga tersebut sangat penting untuk mendukung akses transportasi barang dan jasa dalam wilayah Kabupaten Asmat.

 

Selain diprogramkan oleh Dinas Perhubungan, kata Dallung, Kementerian Perhubungan juga memprioritaskan perbaikan dermaga di Distrik Sawa Erma, Distrik Akat, Distrik Fayit dan Distrik Jetsy.

 

“Kalau dari Dinas Perhubungan Asmat, kita rehap total dermaga Sawa Erma. Sementara dari kementerian itu juga prioritaskan pembangunan dermaga Sawa Erma, Akat, Fayit dan Jetsy,” kata Dallung, Senin (7/5).

 

Menurut Dallung, Kementerian Perhubungan sudah mensurvey lokasi dermaga-dermaga tersebut. Rehabilitasi empat dermaga itu dalam rangka mendukung pelayanan armada ASDP yang direncanakan berlayar dalam wilayah Kabupaten Asmat tahun ini juga.

 

“Kami juga sudah survey dan akan diprogramkan. Perbaikan sejumlah dermaga itu untuk mendukung pelayaran kapal ferry nantinya. ASDP akan mengoperasikan kapalnya di wilayah Asmat, untuk itu dermaga-dermaga di distrik harus siap,” ujarnya.

 

Selain ke empat dermaga itu, pemerintah juga akan memperbaiki dermaga di Ewer, Distrik Agats. Sebab rencananya kapal ASDP akan melayani titik, antara lain Distrik Sawa Erma, Akat, Jetsy dan Fayit, termasuk Ewer.

 

“Pelayaran rakyat di Asmat memang sangat mahal, tarif antar distrik dengan menggunakan speed atau longboat bisa mencapai jutaan. Oleh karena itu, pemerintah daerah berjuang menghadirkan kapal ASDP,” tandasnya. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat