Informasi

SKPD Diminta Bangun Asmat Seutuhnya

SKPD Diminta Bangun Asmat Seutuhnya

Suasana rapat koordinasi Pembangunan Kampung

ASMAT - Kepala Badan Pengkajian dan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Asmat, Amatus Ndatipitj, BA didampingi Sekretaris Bappeda, Drs. Lambertus Leu dan Kepala Bidang Sosial Budaya, Bonefasius Jakfu, S.Sos meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Badan Kabupaten Asmat bisa mensinkronisasikan data dan program. Sehingga apa yang dilakukan dalam tahun anggaran ini bisa selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang bermuara pada membangun masyarakat Asmat yang seutuhnya.

 

“Saya berharap kita bisa melakukan koordinasi antara SKPD. Sehingga semua program yang dilakukan  selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati serta bermanfaat untuk membangun masyarakat Asmat secara utuh,” katanya dalam rapat koordinasi dengan SKPD dan Badan serta Kepala-Kepala Distrik sebelum turun ke 123 kampung melakukan Musyawarah Pembangunan Kampung (Musrenbang) Kampung dalam waktu dekat ini, di Ruangan Rapat Bappeda Kabupaten Asmat, Jum’at (27-1).

 

Dikatakannya perencanaan pembangunan tahun ini harus diawali dari proses penyerapan informasi dan aspirasi masyarakat di tingkat kampung-kampung. Kemudian, ia mengarahkan hasil Musrenbang kampung ditindaklajuti dengan Musrenbang tingkat Distrik, Kabupaten, Propinsi dan nasional. Semua program yang dilakukan apakah kemudian didanai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), filosofinya harus bisa bertanggung jawab kepada pemerintah dan mampu membangun masyarakat Asmat seutuhnya. “Itu yang saya harapkan kita bisa berubah dari kebiasaan-kebiasaan sebelumnya. Tahun ini kita harus Turun Kampung (Turkam) dan Turun Kebawah (Turba),” harapnya.

 

Pada saat yang sama, Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Asmat, Bonefasius Jakfu, S.Sos menambahkan, Musrenbang Distrik harus diawali dari Musrenbang Kampung. “Saya berharap ini suatu kesempatan baik, kita bisa menjawab visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati Asmat. Apalagi kalau kita bisa aplikasikan dalam bentuk program yang mampu menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat,” ujarnya.

 

Dia meminta kepada Kepala-Kepala Distrik sebelum tim turun ke kampung-kampung bisa memastikan semua warga masyarakat kampung dan terlebih aparat kampung berada di tempat. “Saya minta kepala-kepala Distrik harus bisa memastikan itu,” katanya.

 

Dari pantauan media ini rapat tersebut dilanjutkan dengan membahas pembagian tim dan membahas titik-titik sentral mengadakan Musrenbang Distrik berdasarkan wilayah. “Kami sudah membagi-bagi wilayah untuk Musrenbang Distrik dan kampung-kampung,” kata Jakfu sambil membacakan tempat mengadakan Musrenbang Distrik dan Kampung. (sergi)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat