Informasi

Tahun Depan, Pemkab Asmat Gunakan Aplikasi e-Planning dan e-Budgeting

Tahun Depan, Pemkab Asmat Gunakan Aplikasi e-Planning dan e-Budgeting

Pelatihan e-Planning dan e-Budgeting di lingkup Pemkab Asmat Pelatihan e-Planning dan e-Budgeting di lingkup Pemkab Asmat
 

ASMAT ǀ Pemerintah Kabupaten Asmat berupaya meningkatkan pengelolaan keuangan daerah yang lebih tertib, transparan dan akuntabel. Kini pengelolaan keuangan di Kabupaten Asmat menggunakan sistem e-Planning dan e-Budgeting (perencanaan dan penganggaran secara elektronik).

Pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan aplikasi e-Planning dan e-Budgeting telah dipelajari oleh seluruh staf pengelola keuangan dari segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemkab Asmat.

Ahli Tim Aplikasi e-Planning dan e-Budgeting, Nanang Jatmiko mengatakan,  penggunaan aplikasi tersebut dinilai mampu membantu pemanfaatan anggaran negara yang efektif dan efisien. Dengan aplikasi ini, pemerintah pusat dapat mengawasi pengelolaan anggaran di daerah.

Menurutnya, penggunaan aplikasi e-Planning dan e-Budgeting sesuai dengan rekomendasi dari lembaga antirasuah, Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) yang menghendaki agar adanya tertib administrasi dalam proses perencanaan dan penganggaran pembangunan di daerah.

“Kami sudah memberikan pelatihan dan pengarahan bagi segenap staf OPD pengelola keuangan di lingkup Pemkab Asmat terkait Pembahasan Rencana Kerja (RKA) OPD, pelatihan penginputan program dan kegiatan melalui sistem e-Planning dan e-Budgeting,” kata Nanang baru-baru ini.

Menurutnya, Kabupaten Asmat merupakan salah satu kabupaten/kota di Tanah Papua yang siap menerapkan aplikasi e-Planning dan e-Budgeting pada tahun 2018 mendatang. “Nanti ke depan, perencanaan, penganggaran hingga pertanggungjawabannya secara elektronik, lebih mudah diawasi,” katanya.

Ia menambahkan, ada 26 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Asmat yang mengutus 2-3 stafnya untuk mengikuti pelatihan dan pengarahan penggunaan aplikasi e-Planning dan e-Budgeting.

“Kami mengadopsi dari Jayapura, dan kami kembangkan sendiri, namun tentunya disesuaikan dengan kondisi Kabupaten Asmat. Setelah pelatihan, kami langsung praktek penyusunan RKA. Asmat telah empat kali mendapat WTP dari BPK RI, sehingga harapannya dengan menggunakan aplikasi ini, pengelolaan keuangan Kabupaten Asmat dapat dipertahankan dan semakin lebih baik lagi,” tandasnya. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat