Informasi

Uskup Keuskupan Agats Tahbiskan Enam Frater Jadi Diakon

Uskup Keuskupan Agats Tahbiskan Enam Frater Jadi Diakon

Uskup Keuskupan Agats Tahbiskan Enam Frater Jadi Diakon
 

ASMAT I Sebanyak enam Frater STFT Fajar Timur Jayapura ditahbiskan menjadi Diakon (Calon Pator) oleh Uskup Keuskupan Agats, Aloysius Murwito, OFM.

Perayaan Ekaristi pentahbisan Diakon berlangsung di Gereja St. Paulus, Distrik Atsj, Kabupaten Asmat, Kamis (28/9).

Mereka yang ditahbiskan yakni Frater Moses Amiset Pr, Frater Lambertus Klau OFM, Didimus Kosi OFM, Laurensius Resi OFM, Fredy Pawika OFM, dan Alexandro Rangga OFM. Masing-masing akan bertugas antara lain Dua frater bertugas di wilayah Keuskupan Agats, satu di Keuskupan Timika dan tiga lainnya bertugas di wilayah Keuskupan Jayapura.

Pentahbisan enam Frater ini dihadiri oleh Bupati Asmat, Elisa Kambu, sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Asmat, imam, suster, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

“Enam saudara dipilih dan diambil Tuhan untuk membantu kita semua menuju keselamatan dalam Kristus. Enam saudara ditahbiskan menjadi Diakon merupakan anugerah Tuhan bagi kita,” kata Uskup Agats, saat membuka perayaan ekaristi pentahbisan.

Menurut Uskup Aloysius, panggilan hidup para calon Pastor tidaklah mudah. Ini merupakan panggilan iman, panggilan yang menuntut totalitas untuk melayani umat dan melayani Tuhan.

“Kita berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan. Di tengah-tengah tidak mudahnya memperoleh hamba Tuhan, kita diberi enam saudara ini,” katanya.

Uskup Aloysius mengatakan, upah yang besar bagi seorang rohaniwan Katolik jika ia memberitakan Injil tanpa upah. Calon imam maupun Pastor dituntut untuk mengaktualisasikan tugas tanpa syarat dalam melayani umat dan untuk kemuliaan Tuhan.

“Kita berdoa agar enam saudara kita tidak melupakan Tuhan dalam hidup mereka. Sebab tanpa Dia kita akan jatuh dalam berbagai percobaan dan dosa,” tandasnya.

Sementara Bupati Asmat, Elisa Kambu dalam sambutannya usai perayaan Ekaristi Penahbisan Diakon mengatakan, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang sangat penting bagi Gereja Katolik secara khusus.

“Juga bagi kita semua dan keluarga yang telah memberikan, merestui ke enam putra menjadi hamba Tuhan. Atas nama Pemkab Asmat, saya dan wakil bupati mengucapkan proficiat untuk 6 Diakon baru,” kata Elisa Kambu.

Menurutnya, panggilan hidup menjadi Pastor atau hamba Tuhan lainnya merupakan pekerjaan berat dan banyak tantangan yang dihadapi. Tuhan yang menentukan dan memilih ke enam calon imam itu untuk melakukan pelayanan.

“Mengutip Yohanes Bab 15 Ayat 16, Bukan kamu yang memilih Aku, tapi Aku yang memilih kamu. Saya pikir itu yang melandasi semua kita dalam Kristus. Karena itu, mari kita memberikan dukungan penuh, agar 6 putra ini diberikan kekuatan oleh Tuhan untuk melakukan tugas-tugas pelayanan,” pungkas Elisa Kambu. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat