Informasi

Wabup Bersama Ibu-ibu PKK Asmat Panen Perdana Tanaman Hidroponik

Wabup Bersama Ibu-ibu PKK Asmat Panen Perdana Tanaman Hidroponik

Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo bersama ibu-ibu PKK melakukan panen perdana tanaman hidroponik. (Foto: Eman/Seputarpapua)

ASMAT | Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo didampingi istrinya Me Ing Safanpo melakukan panen perdana tanaman hidroponik yang dikembangkan di tiga kampung di Disrtik Agats.

Pengembangan tanaman hidroponik, seperti sayur sawi dilakukan pengurus PKK Kabupaten Asmat dengan membuka kebun percontohan di Kampung Syuru, Kampung Aswet dan Kampung Kaye beberapa bulan lalu. 

Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Asmat karena telah berinisiatif mengembangkan kebun percontohan tanaman hidroponik di tiga kampung tersebut.

“Pemerintah daerah memberikan penghargaan yang tinggi kepada ibu-ibu penggerak PKK yang telah mengembangkan kebun percontohan di sembilan titik yang tersebar di Kampung Syuru, Aswet dan Kaye,” kata Thomas.

Ia mengharapkan program yang dimotori tim PKK itu dapat ditularkan ke distrik-distrik lainnya. Sebab menurut dia selain memenuhi kebutuhan keluarga, tanaman hidroponik juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Usaha ini bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga, khususnya bagi Mama-mama di kampung-kampung. Ini harus terus dilanjutkan,” ujarnya.
Orang nomor dua di Kabupaten Asmat itu berjanji akan memberikan dukungan berupa modal kepada ibu-ibu guna membeli bibit tanaman serta nutrisi tanaman hidroponik.

“Kita harap dengan mendapat modal, mereka bisa menanam lagi setelah panen. Dengan begitu siklus tanamnya berlanjut, sehingga mereka mampu menambah pendapatan keluarga,” katanya.

Ketua PKK Kabupaten Asmat, Me Ing Safanpo mengatakan pengembangan tanaman hidroponik di tiga kampung dilakukan setelah pihaknya mempelajari pengembangan tanaman tersebut di Surabaya, Jawa Timur.

“Setelah belajar di Surabaya, kami bertekad untuk mengembangkan di Asmat. Tujuannya agar kebutuhan sayur-sayuran dalam keluarga selalu tersedia. Selain itu untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” katanya. (seputarpapua.com)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat