Informasi

Dinas Pendidikan Asmat Gandeng Tiga PT Tingkatkan Mutu Pendidikan

Dinas Pendidikan Asmat Gandeng Tiga PT Tingkatkan Mutu Pendidikan

 


Mateus Metemko, S.Pd

 

SAPA (ASMAT)- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Asmat dalam hal ini Dinas Pendidikan Asmat menggandeng tiga Perguruan Tinggi (PT) untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan dan memecahkan masalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di Kabupaten Asmat. 

 

“Kami berupaya perlahan-lahan menjawab berbagai persoalan pendidikan dan menciptakan SDM yang handal di Kabupaten Asmat dengan pendekatan kerja sama dengan tiga PT di luar Papua,” kata Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Mateus Metemko, S.Pd, di ruangan kerjanya, Sabtu (29-1). 

 

Upaya kerja sama itu selain menjawab rendahnya mutu pendidikan dan SDM, kata Metemko juga berkaitan erat denga mewujudkan Visi-Misi Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos dan Wakil Bupati Asmat, Thomas Epe Safanpo, ST yang menitikberatkan pada mendorong peningkatan mutu pendidikan dan memperluas akses pendidikan. 

 

“Kami sedang berjuang menjawab visi-misi Bupati dan Wakil Bupati ini dengan pola kerja sama. Kami berharap upaya ini semua bisa berjalan dan terjawab masalah rendahnya mutu pendidikan dan sempitnya akses pendidikan di Kabupaten Asmat,” ujarnya. 

 

Menurutnya tiga PT yang sudah menjalin kerja sama dengan Pemda Asmat dalam hal ini Dinas Pendidikan antara lain, Universiatas Sanatadharma Yogyakarta, Universitas 11 Maret Bali dan salah satu Universitas di Bandung, khusus untuk anak-anak yang berminat dibidang kedokteran. 

 

“Kami sudah lakukan kerja sama dengan tiga Univesitas ini sudah berjalan dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya. 

 

Dikatakannya Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat pula sedang melakukan proses seleksi kompetensi terhadap guru-guru kontrak, baik guru kontrak yang lama maupun guru kontrak yang baru mendaftar sebagai guru kontrak. Sasarannya untuk memastikan guru-guru kontrak ini memiliki kemampuan sebagai tenaga pendidik. Karena, Pemda Asmat sedang bekerja keras meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu faktor, dia menyabutkan kompetensi guru menjadi penentu untuk menjawab persoalan tersebut harus dilakukan. 

 

“Upaya ini semua untuk menjawab mutu pendidikan dan akses pendidikan di Kabupaten Asmat bisa terjawab,” katanya. (sergi)

Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat