Informasi

Masalah Dijadikan Potensi Mendorong Ekonomi Warga

Masalah Dijadikan Potensi Mendorong Ekonomi Warga 

Ilustrasi

 

ASMAT  - Semua masalah jangan dipandang sebagai masalah melainkan potensi untuk mendorong warga masyarakat Asmat maju. Apakah itu maju dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya. Karena, masalah disetiap Distrik tidak seekstrim di Kota.

 

“Saya punya meping dalam pendekatan pastoral itu berbasis budaya Asmat. Saya ambil contoh sederhana. Kita lihat ada perahu, Jew dan hutan. Dari sisi itu, saya amati  masyarakat hanya menghabiskan dan tidak pernah menyimpan.  Kebiasaan budaya menyimpan ini kita ubah konsepnya dengan mengalihkan ke Credit Union (CU),” kata Pastor Medardus Eko Budi Setiawan, OSC kepada media ini ketika ditanyai keberhasilannya mendampingi warga masyarakat di Gereja Paroki  Atj dalam hal pemberdayaan ekonomi, pendidikan dan sosial budaya, di Hotel Sang Surya Keuskupan Agats.

 

Menurutnya Jew dijadikan tempat pertemuan untuk membahas pola pemberdayaan ekonomi dan membagi pengalaman dalam hal meminist Manajemen Rumah Tangga (MRT). Tempat berdiskusi memanfaatkan potensi hutan, pekarangan rumah menjadi sumber ekonomi. Ketika semua sepakat dalam pertemuan itu, katanya dibentuk kelompok-kelompok yang memiliki semangat yang sama dengan melibatkan kelompok basis, seperti tua-tua adat dalam Jew, tua-tua tungku, guru-guru dan kelompok kategorial. “Saya pernah presentasikan hal ini di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jakarta,” katanya.

 

Dia mengakatan konsep menghabiskan dialihkan kepada konsep menyimpan. Konsep menyimpan itu mesti dilihat dari sisi kebiasaan kehidupan sosial dan budaya menjadi aset yang bisa dioptimalkan.  “Saya temukan turunan dari aset sosial budaya itu ditemukan dalam aset  liturgi umat,  dokumen-dokumen gereja dan hospitalitas (keramahtamahan). Sehingga, Jew, Roh Dusun atau kampung, kintal adat dan pelestarian adat budaya diarahkan dalam gerakan iman. Ya, konsep ini memang belum membanggakan. Tetapi bagi saya menemukan konsep ini untuk ke depan saya merasa menjadi solusi dalam memberdayakan masyarakat Asmat dalam hal pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya,” ujarnya. (Sapa)

Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat