Informasi

10 WARGA DI KOROWAY DINYATAKAN REAKTIF RAPID TEST

ASMAT- 10 warga di Kampung Mabul, Distrik Koroway Buluanop dinyatakan reaktif setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asmat dan Mappi, melakukan rapid test di kampung tersebut, pada Jumat (29/5) lalu.

 

10 warga yang dinyatakan reaktif rapid test, sebagian besar bekerja sebagai penambang emas.

 

Kampung Mabul, Distrik Koroway Buluanop adalah daerah perbatasan antara Kabupaten Asmat dan Kabupaten Boven Digoel.

 

Lokasi penambangan emas berada diperbatasan antara Kabupaten Asmat dan Kabupaten Mappi

 

Senin (1/6), Bupati Asmat Elisa Kambu turun langsung ke Kampung Mabul untuk memastikan kondisi 10 warga tersebut.

 

Bupati didampingi Asisten II Setda Asmat Daniel Rumruren, Pabung Kodim 1707/Merauke Mayor Czi Abdul Komar, dan sejumlah kepala OPD.

 

Menurut Elisa, 10 warga tersebut akan dibawa ke Kota Agats yang merupakan ibu kota Kabupten Asmat untuk menjalani karantina selama 14 hari.

 

“Hari Selasa (2/6), mereka akan dibawa ke Kota Agats. Mereka akan diantar oleh Kepala Distrik Koroway Buluanop, Paulus Gatantop,”Kata Elisa.

 

Elisa menambahkan, 10 warga ini juga nantinya akan diambil spesimennya untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode PCR, agar memastikan apakah terpapar virus corona atau tidak.

 

“Mereka akan diambil sampel lender hidung dan mulut untuk diperiksa melalui PCR, sehingga bisa lebih detail diketahui positif virus corona atau tidak,”ujar Elisa yang juga Ketua Tim Gugus Covid-19 Asmat.

 

Elis memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mappi, dan Tim Covid-19 Asmat atas bantuannya karena telah memantau warga Kampung Mabul, yang merupakan kampung perbatasan tersebut.

 

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat