Informasi

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat Menggelar Sosialiasasi Keamanan Informasi

20190930081406-lop

Foto : Kominfo Asmat

 

 

 

 

KOMINFO- ASMAT- Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, menggelar sosialisasi peran persandian dalam keamanan informasi kepada sejumlah staf di lingkup Pemkab Asmat, Senin, 23 September 2019.

 

 

 

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Bakesbangpol Asmat di Agats itu dibuka Oleh Bupati Asmat Elisa Kambu, dan dihadiri Asisten II Setda Daniel Rumruren, para kepala OPD dan unsur TNI- Polri.

 

 

 

Kegiatan tersebut menghadiri narasumber dari Badan Siber Informasi dan Sandi Negara (BSSN), Welly Puji Ginanjar dan Arga Dhahana Pramudianto.

 

 

 

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan dalam era teknologi saat ini, pengamanan informasi merupakan aspek yang sangat penting. Tata kelola  pengamanan informasi akan terganggu apabila salah satu obyek pengamanan persandian mengalami gangguan.

 

 

 

Ia menjelaskan, salah satu pasal UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Mengamanatkan pembagian urusuan pemerintah di bidang persandian dan urusan pengamanan informasi.

 

 

 

Karena itu Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Asmat diharapkan lebih optimal membangun komunikasi dan koordinasi dengan BSSN sebagai pembina urusan persandian,"Kata Elisa.

 

 

 

Menurut dia, Diskominfo Kabupaten Asmat perlu bekerja sama dengan Badan Siber Informasi dan Sandi Negara dalam rangka pembinaan dan bimbingan terkait keamanan informasi.

 

 

 

"Melalui sinergritas ersebuyt, maka pemahaman ASN Diskominfo terkait pengelolaan persandian dan keamanan informasi di Kabupaten Asmat akan lebih baik" Ujarnya.

 

 

 

Bupatin  Asmat, Elisa Kambu menjelaskan, ada sejumlah hal penting berkaitan dengan urusan persandian dan informasi keamanan di kabupaten Asmat yang perlu dibenahi. Salah satunya menyangkut keterbatasan sumber daya manusia pengelola teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

 

"Untuk itu perlu peningkatan kapasitas ASN di bidang teknologi dan informasi". Keamanan informasi mutlak diperlukan, terutama mencegah berbagai informasi bohong atau hoax.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis             : Melania Ohoiwutun

Editor               : Melania Ohoiwutun

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat