Informasi

Perindagkop Asmat Hidupkan Koperasi ASN

Perindagkop Asmat Hidupkan Koperasi ASN

 

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop Kabupaten Asmat Muhammad Afwan Seknun.Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop Kabupaten Asmat Muhammad Afwan Seknun.
 

ASMAT | Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Asmat bertekad menghidupkan Koperasi Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah dibentuk di Asmat pada 2017 lalu. 

 

Pembina Koperasi ASN yang juga Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindagkop Kabupaten Asmat Muhammad Afwan Seknun mengatakan, tahun ini pihaknya menyusun program pelatihan manajemen Koperasi ASN dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas anggota.

 

“Di Asmat sudah dibentuk koperasi khusus untuk ASN. Untuk mendorong koperasi ini agar aktif, maka pemerintah membuat program untuk peningkatan mutu dan jumlah anggota koperasi tersebut,” kata Afwan, Senin (7/5).

 

Afwan menyatakan pemerintah daerah setempat mendukung Koperasi ASN agar dapat berfungsi dan melaksanakan kegiatan perkoperasian yang sehat. Eksistensi koperasi tersebut diharapkan bisa memberdayakan dan memantapkan ekonomi para anggota koperasi.

 

“Program dimaksud agar koperasi ini aktif dan bisa berjalan. Oleh karena itu kami mengajak semua ASN di Asmat untuk bergabung dan bersama-sama mengaktifkan koperasi ini,” kata dia.

 

Menurut Afwan, Koperasi ASN Kabupaten Asmat sudah menjalankan fungsi-fungsi koperasi dan terdapat sistem perbankan di dalamnya. Pihaknya menargetkan koperasi tersebut dapat melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) pada 2019 mendatang.

 

Afwan menyebut, awal koperasi itu dibentuk hanya terdaftar 60 ASN yang menjadi anggota. Namun dalam tahun ini terjadi peningkatan sebanyak 447 anggota. Koperasi tersebut bisa hidup jika menjalankan kegiatan perkoperasian yang sehat, seperti RAT, memiliki kepengurusan yang jelas dn member manfaat bagi anggota dan masyarakat.

 

“Syarat koperasi yang sehat adalah melaksanakan RAT, tumbuh dan berkembang. Sebab itu kami targetkan setiap tahun secara rutin melaksanakan RAT. Dalam rapat anggota tahunan ada laporan keuangan dan laporan aktivitas pengurus di situ,” pungkasnya. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2024 - Pemerintah Kabupaten Asmat