Informasi

Pimpin Apel Operasi Ketupat Cartenz, Plt. Sekda Asmat: Jaga Toleransi Umat Beragama

Jumat, 22 April 2022 13:32 WIT

 

KOMINFO-ASMAT | Ratusan personel gabungan TNI, Polri, KPLP, Satpol PP, Pramuka, dan unsur keamanan lainnya mengikuti apel gelar Pasukan Operasi Ketupat Cartenz 2022, di Halaman Mako Polres Asmat, Jumat (22/4/2022).

 

Gelar pasukan ini dipimpin Plt. Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asmat Absalom Amiyaram, didampingi Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar.

 

Gelar pasukan ini diikuti juga Ketua DPRD Asmat Yoel Mangaprou, Wakapolres Kompol Subecky, Pabung Kodim Persiapan Asmat Mayor Inf Basir Ando, Danramil Agats Kapten Inf Ronny Retraubun, Pasi Intel Lettu Yonathan, Danpos Marinir Letnan Marinir Ari T Nugraha, serta tokoh masyarakat setempat.

 

Plt. Sekda Absalom Amiyaram mengatakan, apel gelar Pasukan Operasi Ketupat Cartenz 2022 ini sebagai wujud sinergi Polri dengan instansi setempat.

 

Hal ini untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam merayakan Hari Raya  Idul Fitri 1443 H.

 

Sebab, sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat umat muslim Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat.

 

“Harapan kita di Asmat juga begitu, momen Idul Fitri 1443 nanti warga muslim Asmat dapat melaksanakan kegiatan ibadah dan berkumpul bersama keluarga dengan aman dan nyaman,” kata Absalom dalam sambutannya.

 

Absalom juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjaga toleransi umat beragama.

 

“Mari kita gandeng tangan, jaga toleransi umat beragama, perbedaan adalah rahmat. Hanya di Papua khususnya Asmat kita sangat beragam warna, maka jadikanlah sebagai rahmat,” pungkas Absalom.

 

Sementara itu, Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar mengatakan, Operasi Ketupat Cartenz digelar selama 12 hari, terhitung mulai 28 April hingga 9 Mei 2022.

 

Titik fokus pengamanan diantaranya masjid, pasar, pelabuhan serta disejumlah ruas jalan di Kota Agats.

 

AKBP Dhani mengingatkan kepada semua yang terlibat pengamanan untuk tetap jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik.

 

“Niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucap AKBP Dhani.

 

AKBP Dhani juga berpesan untuk melakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

 

Disamping itu, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun.

 

“Karena Rekan- rekan adalah wujud representasi Negara di tengah- tengah masyarakat,” pungkas AKBP Dhani.

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Faqi Difinubun
Editor : Aditra
Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat