Informasi

PLN Genjot Program ‘Papua Terang’ Di Kabupaten Asmat

20191206142124-photogrid1575616545200

Bupati asmat elisa kambu didampingi kepala PLN agats karel Erice Jaru meresmikan  pemusatan listrik tujuh

desa di kampung onovai, distrik joerat, kabupaten asmat, papua pada pertengahan tahun  2019

 

 

KOMINFO ASMAT|PT PLN (Persero) unit pelaksana pelayanan pelanggan timika melalui unit layanan pelistrikan agats menggenjot program ‘Papua Terang’ di kabupaten asmat, propinsi papua dalam 2018-2020.

 

Menager PT PLN Unit layanan pelistrikan agats karel erice jaru mengatakan bahwa program listrik desa untuk papua terang pada 2018-2020 di kabupaten asmat dilaksanakan di 16 distrik (kecamatan) dan 59 kampung (desa).

 

Dari jumlah tersebut, dua distrik dan tujuh desa diantaranya telah dioperasionalkan pada juni 2019 sedangkan sisahnya sebanyak 14 distrik dan 52 kampung akan diluncurkan pada 2010 mendatang.

 

“program ini sudah dilaksanakan dari 2018 dan 2019. Nanti akan diluncurkan di 2020 dengan sasaran 14  distrik dan 52 desa. Progresnya sudah dimulai dari sekarang.” Kata karel di agats sabtu (30/11).

 

Pihak ketiga atau pelaksana pekerjaan, kata karel telah membangun sejumlah jaringan dan saluran udara tegangan rendah (SUTR) untuk mengimplementasikan program papua terang tersebut.

 

“Jaringan dan SUTR sudah selesai di bangun di beberapa distrik, seperti di sawaerma dan pulau tiga. Setelah jaringan beres akan dilanjutkan dengan embangunan PLTS-nya,” kata Dia.

 

Ia menjelaskan program papua terang menerapkan system pemusatan listrik dengan mengandalkan mesin pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) system tersebut dinilai efisien serta sesuai dengan kondisi geografis wilayah asmat.

 

Karena itu kita harapkan pemerintah daerah asmat tetap memberikan dukungan terhadap program kelistrikan ini,”.katanya.

 

Oleh karean itu untuk diketahui bahwa beberapa distrik yang mendapat program papua terang adalah Derkomur, Sawaerma, Pulau Tiga, Atsj, Unirsirau, Akat, Suator, Kolofbrasa, Fayit, Safan, Betsmbamu, Sirets, Joerat Dan Suru-Suru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis  : Herry Bay

Editor    : Melani Ohoiwutun

 

 

 

 

 

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat