Informasi

Anggota Komisi IV DPR RI Disambut Meriah

Anggota Komisi IV DPR RI Disambut Meriah 

 

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Soleman L Hamzah disambut secara adat di Asmat

SAPA (ASMAT) – Kunjungan kerja Anggota Komisi IV DPR RI yang juga Ketua Korwil Papua DPP Partai Nasdem dan Sekretaris DPW Partai Nasdem Propinsi Papua, H. Soleman L. Hamzah disambut meriah secara adat warga Kampung Ewer di Bandar Udara Ewer dan disambut secara adat pula warga Asmat di Kota Agats dengan membuang kapur sirih ke Kali Asuwets.

 

Di Bandar Udara Ewer, Soleman Hamzah  di sambut Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Asmat, Daniel Sumari yang juga Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Asmat.  Kepala Suku warga setempat mengenakan topi adat kebesaran Asmat berupa bulu kuskus dipadu dengan bulu burung pombo dikenakan kepada H. Soleman L. Hamzah. Usai Kepala suku kampung Ewer menyematkan topi kebesaran disusul dengan mempersembahkan sebuah noken. 

 

Tampak pula, kepala suku kampung Ewer secara bergiliran mengenakan noken kepada pengurus Partai Nasdem yang mendampingi anggota Komisi IV DPR RI itu, diantaranya,  Pengurus DPP Garda Wanita Partai Nasdem Pusat yang juga Ketua Korwil Garda Wanita Propinsi Papua Partai Nasdem, Ny. Fauzun Nihaya, Ketua Dewan Pembina DPD Partai Nasdem Merauke, Pdt. Jefry Rengkung dan Ketua Bapilu DPD Partai Nasdem Merauke, Johan Paulus. 

  

Dari Area Bandar Udara Ewer,  para penabuh Tifa dari Kampung Ewer dan para kader dan simpatisan Partai Nasdem mengarak-arak rombongan anggota Komisi IV DPR RI itu dengan iringan tifa ke pelabuhan speedboat menuju ke Pusat ibu Kota Asmat, Agats.

 

Di Dermaga Pelabuhan Fery Asmat, Kepala Suku Asmat dan warga Asmat menyambut anggota Komisi IV DPR RI itu dengan upacara adat pula. Terihat, kepala suku sesudah H. Soleman L Hamzah dan rombongan sudah turun dari speedboat dan menginjakan kaki di Dermaga Pelabuhan Fery Asmat disambut dengan pekikan perang ala adat istiadat warga asli Asmat. Suasana yang sebelumnya ramai dan hiruk pikuknya para warga dan pengurus DPD Partai Nasdem Asmat tiba-tiba sunyi dan mengikuti prosesi itu dengan tertib. 

 

Pekikan perang itu dipekikan kurang lebih tiga kali yang disahut warga setempat dengan suara serempak. Lalu, kepala suku mempersilahkan rombongan komisi IV DPR RI itu lewat, sementara yang bersangkutan membelakangi H. Soleman L Hamzah membuang kapur sirih ke Kali Asuwets. Setelah kapur sirih dibuang ke arah Kali Asuwets serempak pula para penabuh tifa menabuh tifa menyambut rombongan Komisi IV DPR RI itu meriah sambil mengarak-arak berjalan kaki kurang lebih satu kilo meter menuju ke Hotel Assedu Asmat, dimana rombongan menginap.

 

Soleman L Hamzah sempat berhenti sebentar di Kantor Sekretariat DPD Partai Nasdem Asmat sebelum melanjutkan ke Hotel Assedu Asmat. Prosesi penyambutan anggota Komisi IV DPR RI dan rombongan itu menjadi tontan menarik dan hiburan  seluruh warga Asmat yang memadati kiri-kanan jalan sambil mengabadikan dengan mengambil gambar dan video.

 

Ketua DPD Partai Nasdem Asmat, Daniel Sumari kepada wartawan di ruang tunggu Bandar Udara Ewer Asmat sebelum rombongan anggota Komisi IV DPR RI itu menginjakankan di Bandar Udara Ewer menyampaikan, H. Soleman L Hamzah ke Asamat dalam rangka kunjungan kerja ke kabupaten Asmat. Disamping itu, ia menyebutkan sebagai Ketua Korwil Papua DPP Partai Nasdem dan Sekretaris DPW Partai Nasdem Propinsi Papua beliau menyempatkan waktu kunjungan kerja itu menghadiri Rapat Kerja Kusus (Rakorsus) DPD dan DPC Partai Nasdem Kabupaten Asmat.

 

“Ya, beliau hadir di Asmat itu datang kunjungan kerja sebagai anggota Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Asmat. Saya sebagai Ketua DPD partai Nasdem Asmat bagai gayung bersambut, ya kami manfaatkan disela-sela kesibukan beliau mengadakan Rakorsus,” katanya.

 

Dikatakannya Rakosus itu dalam rangka mewujud-nyatakan Visi-Misi Partai Nasdem dari Pusat sampai Propinsi, Kabupaten dan kota. Dan, di Asmat ditindaklanjuti visi dan misi partai Nasdem itu hingga ke kampung-kampung di pedalaman Asmat. 

 

“Kami khan sangat konsen dalam mewujudkan visi dan misi partai itu mendukung penuh kebijakan Pemda, terutama dalam hal pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Maka secara khusus di Kabupaten Asmat  kami akan menyerahkan bantuan berupa 5 buah mesin hendtraktor dan 5 buah mesin pompa air melalui Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian kepada untuk mendukung peningkatan produksi pertanian sawah di Kabupaten Asmat. Pengembangan sawah di Asmat itu di Distrik Auwyu, Pantai Kasuari dan Distrik Sawa Erma,” katanya. (Sergi)

Copyright © 2019 - Pemerintah Kabupaten Asmat