Informasi

Keluarga ASN Dilarang Tuntut Pemda Uang Duka

Keluarga ASN Dilarang Tuntut Pemda Uang Duka

Kepala Cabang PT. Taspen Papua, Janu Warsito

 

 

ASMAT - Kepala Cabang PT. Taspen Papua, Janu Warsito menegaskan keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN)  dilarang menuntut Pemerintah Daerah (Pemda) membayar uang duka. Karena, hak setiap keluarga ASN seperti uang duka dan lain-lain serba mudah dilayani saat ini.

 

 “Saya ambil contoh.  Ketika kami mendapati berita di koran Bupati Yalimo meninggal dunia. Berdasarkan berita di koran itu, kami menghubungi keluarganya untuk memperoleh uang duka, nanti hak-hak lainnya menyusul. Tetapi istri almarhum minta  nanti saja diurus. Itu satu contoh bagaimana kesigapan PT. Taspen melayani keluarga ASN,” katanya usai mensosialisasikan paradigma pelayanan PT. Taspen, di Aula Widyata Mandala, Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Rabu (8-2) lalu. 

 

Termasuk pelayanan kepada ASN yang memasuki purna tugas tidak seperti masa lalu terkesan lambat, lama dan susah mengurus Taspen. Ia mengatakan, itu masa lalu, sekarang urus Taspen serba mudah. Yang penting bagi setiap ASN yang mengurus Taspen jauh-jauh hari sebelum purna tugas diurus. Mengapa begitu. Untuk memudahkan ASN sebelum purna tugas Surat Keputusan (SK) pensiunnya terbit sekaligus menerima hak-hak pensiunnya. 

 

“Saya berterima kasih bisa hadir di Asmat, daerahnya sangat unik dan bagi ASN pasti susah mengurus Taspennya. Kini, para ASN tidak perlu cemas seperti yang ada di Asmat ini. Mereka cukup urus di BKD Asmat. Itu sejauh yang bersangkutan lengkap persyaratan administrasinya. Kalau semua persyaratan administrasi lengkap mudah untuk mendapat hak-haknya. Saya perlu sampaikan di Asmat sudah berjalan,” katanya.

 

Hak-hak setiap ASN yang purna tugas diperoleh melalui bank-bank  terdekat sebagai mitra PT. Taspen. Seperti di Asmat, dia menyebutkan hak-hak ASN bisa terima melalui PT. Pos, Bank BRI dan Bank Papua. Kabupaten yang lain bisa terima di PT. Pos, Bank BRI, Papua, Danamon dan Bank Mandiri. 

 

“Jadi ASN purna tugas tidak perlu lagi ke Taspen Jayapura mengurus hak-haknya. Karena, mereka cukup melengkapi berkas administrasinya di setiap BKD di daerah masing-masing. Begitupun dengan keluarga ASN yang keluarganya yang meninggal sebelum purna tugas atau sesudah purna tugas,” ujarnya. (Sapa) 

 

Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat